Keluarga Besar Batak Islam Bantu Pengungsi Sinabung

Keluarga Besar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Batak Islam (PBI) Provinsi Sumatera Utara diketuai
H Baharuddin Siagian MSi menyalurkan bantuan untuk para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.

Keluarga Besar Batak Islam Bantu Pengungsi Sinabung

Medan, (Mimbar) - Keluarga Besar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Batak Islam (PBI) Provinsi Sumatera Utara menyalurkan bantuan untuk para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.

Bantuan berupa beras, gula pasir, minyak goreng, mie instan dan pembalut wanita tersebut diserahkan langsung oleh tim dipimpin Ketua DPW PBI Sumut H Baharuddin Siagian MSi kepada perwakilan pengungsi di Masjid Agung Kabanjahe, Sabtu (4/7).

Baharuddin yang Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut datang bersama Penasihat PBI H Donald Sidabalok yang mantan Ketua PP Sumut, H Daudsyah Munthe, Sekretaris H A Rivai Tambunan, Drs Barita Sihite, Dahrin Sinaga, Syamsul Gultom, Benny Pane, Dra Hj Srijati Pohan, Beby Sinaga, Tapil Rambe dan memboyong dua Ustadz yakni Al Ustad Burhanuddin Siagian MA dan Drs H Ahmad Sanadi Sitorus MA.

Bahar mengemukakan bantuan yang berasal dari keluarga besar PBI ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung-jawab sosial terhadap saudara sebangsa yang mendapy musibah, sehingga sedikit banyaknya dapat mengurangi beban, terutama bagi pengungsi yang menjalankan ibadah Puasa Ramadhan.

“Meski tidak banyak, namun bantuan ini merupakan sikap kepedulian keluarga besar Batak Islam yang menjunjung tinggi rasa persudaraan dalam bingkai silaturrahmi, Ukhuwah Islamiyah dan NKRI. Apa yang kami berikan ini janganlah dilihat dari jumlahnya, tetapi dari keikhlasan hati,” kata Bahar Siagian.

*Katanya, beban yang dirasakan masyarakat sekitar Gunung Sinabung ini mudah-mudahan segera berakhir dan Insya Allah kembali pulih di hari-hari mendatang," ujarnya.

Sehingga ke depan lanjutnya kedatangan mereka ke Tanah Karo ini bukan lagi karena musibah tetapi karena kejayaan dan kemakmuran masyarakat Karo yang juga dirasakan keluarga besar Batak Islam se dunia. “Kesedihan saudara-saudara di Karo juga ikut dirasakan seluruh masyarakat termasuk warga PBI," tuturnya.

Dikemukakan, beban yang dialami bukan saja harta benda, pertanian, ternak dan jiwa. Untuk itulah kami atas nama keluarga besar Batak Muslim tersentuh hati. Mudah-mudahan ke depan kedatangan kami ke Tanah Karo Simalem ini lagi bukan ada bencana melainkan karena kemajuan dan mempererat silaturrahmi,” ucapnya.

Perwakilan pengungsi yang menerima bantuan tersebut sangat berterima kasih terhadap kepedulian yang ditunjukkan oleh keluarga besar Batak Muslim terhadap pengungsi erupsi Gunung Sinabung. 

“Ini suatu dukungan bagi kami atas kepedulian dari teman-teman dan saudara kami sehingga ini menjadi suatu jalinan silaturrahmi yang erat dan bentuk empati yang tinggi untuk saling menguatkan dan bantuan yang diberikan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami yang tinggal di pengungsian,” ujarnya.

Penasihat PBI H Donald Sidabalok mengemukakan bantuan yang mereka salurkan merupakan bentuk empati keluarga besar PBI dan peduli korban bencana alam di Sinabung. 

Bantuan ini ujarnya murni panggilan hati nurani keluarga Batak Muslim sebagai bentuk kepedulian antarsesama insan manusia. 

Menurutnya, siapapun di dunia ini tidak ingin mendapat musibah bencana alam. Jadi bantuan yang diberikan keluarga besar PBI merupakan bentuk rasa solidaritas. Diakuinya, keluarga besar PBI sangat mendukung atas responsif warga PBI yang cepat tanggap melakukan aksi penggalangan dana. 

Sikap itu nilainya suatu tindakan terpuji dan mulia karena lebih baik memberi daripada menerima. 

“Kami dari pihak penasihat PBI menyambut positif dan memberikan apresiasi kepada kepengurusan PBI Sumut yang telah terpanggil rasa persaudaraannya dalam mengalang dana untuk diberikan kepada mereka yang terkena musibah bencana erupsi Gunung Sinabung,” ujarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung