‘Valentine Days’ Haram!





Majelis Ulama Indonesia :
‘Valentine Days’ Haram!


Medan, (Mimbar) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat mengharamkan perayaan 'Valentine Day' (hari kasih sayang) bagi umat Islam, karena perayaannya cenderung melanggar ajaran Islam.

"Valentine merupakan budaya barat dan bertentangan dengan budaya Muslim," kata Ketua MUI Pusat KH Amidhan setelah pengukuhan pengurus MUI Banten masa khidmah 2011-2016 di Serang, Selasa (12/2).

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan juga mengeluarkan fatwa bahwa perayaan valentine day atau hari kasih sayang haram hukumnya bagi umat Islam.

Fatwa tersebut berkenan dengan perayaan hari kasih sayang atau valentine day pada 14 Februari mendatang.

Ketua MUI Kota Medan Prof H Muhammad Hatta di Medan mengatakan berdasarkan sejarah hari kasih sayang yang kerap dirayakan setiap tahunnya bukanlah budaya Islam. Namun merupakan budaya yang berasal dari umat non Muslim di zaman Romawi kuno.

“Perayaan valentine day lebih identik dengan pelanggaran norma dan ajaran Islam, meski agama Islam sendiri dalam praktiknya selalu mengedepankan kasih sayang,” ujarnya.

Hatta mengimbau, kepada seluruh generasi muda Islam di Kota Medan agar tidak ikut merayakan hari valentine day yang lebih mengedepankan kemaksiatan.

MUI Kota Medan juga berencana akan melakukan sosialisasi fatwa haram soal perayaan hari kasih sayang secara langsung khususnya ke sekolah-sekolah dengan sasaran para pelajar.

Sementara itu Ketua MUI Pusat KH Amidhan mengemukakan perayaan hari kasih sayang belakangan ini identik dengan melakukan hubungan seks bebas, sehingga sangat bertentangan dengan nilai-nilai Agama Islam. Hanya saja, meski sudah menyatakan haram, pernyataan ini belum diikuti dengan dikeluarkannya fatwa tentang hal tersebut.

"Meski MUI Pusat belum mengeluarkan fatwa tertulis, namun Perayaan Valentine Day itu haram bagi umat Islam, apalagi bentuk pelaksanaannya menggunakan tata cara seperti itu," ujarnya.

Amidhan mengatakan, mengungkapkan kasih sayang tidak harus dilakukan pada saat 'valentine day'. Sebab, ajaran Islam juga mengatakan semangat saling menghormati dan saling menyayangi merupakan hal yang harus dilakukan sepanjang hari dan sepanjang waktu.

"Tidak mesti menunggu hari valentine," tegasnya.

'Valentine Days' diperingati setiap tanggal 14 Februari. Peringatannya sering dilakukan dengan saling memberikan hadiah cokelat sebagai ungkapan kasih sayang. (mb/wol)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung