ITM Tampilkan Mobil Irit



        ITM Tampilkan Mobil Irit  Pameran Pendidikan Tinggi 2014

Medan, (Mimbar) - Institut Teknologi Medan (ITM) siap bertarung dengan mobil konsep mereka yang diberi nama Mobil Ganteng dalam Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014. Pada tahun 2014 dan dipersiapkan untuk menghadapi Shell Eco Marathon (SEM) Asia Internasional 2015 mendatang.
Dosen Pembimbing Tim ITM, Mahyunis, ST, MT didampingi Kepala Humas ITM Vivahmi SH MSi disela-sela Pekan Pameran Pendidikan 2014 di Palladium Mall Jl Balai Kota Medan kemarin mengatakan, optimistis mobil berbobot 150 kilogram untuk urban gasoline, 80 kilogram untuk proto gasoline dan proto listrik  ini mampu bersaing tahun ini.
Tim ini akan turun pada kelas Urban Gasoline serta dua mobil dikelas Proto Gasoline dan Proto Listrik. Berpegang pada pengalaman tahun 2013 pada kelas Urban Gasoline yang hanya mampu menjadi finalis, Tim ini terus berbenah untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.
Dari hasil uji tahun sebelumnya Mobil Urban Gasoline baru mampu mencapai hasil 180 km/liter bahan bakar. Target Tahun ini harus 300 km/liter bahan bakar. Beberapa hal yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah rekayasa engine, bobot mobil yang lebih ringan dengan aspek kekuatan material yang kuat serta mobil yang lebih airodinamis.
Sambutan lain datang dari Pihak Yayasan Dwi Warna dan Rektor Institut Teknologi Medan Prof.Dr.Ir. Ilmi Abdullah, M.Sc menyambut baik pengembangan yang dilakukan anak didiknya dan mengharapkan tim ini tidak hanya bersaing di ajang nasional saja, malainkan di ajang Internasional.
Selain itu rektor ITM berpesan kepada mahasiswa untuk terus mengembangkan karya-karyanya serta mempersiapkan mental untuk tidak canggung menghadapi lawan-lawan dari daerah lain yang sudah terlebih dahulu berkokpetisi pada ajang yang sama.
Pada acara Kampus-kampus Favorit Sumatera 2014 yang berlangsung dari tanggal 14 s.d 16 Pebruari 2014, .Tim Ganteng teknik mesin melakukan demo kontes mobil hemat energi pada mahasiswa yang berasal dari kampus-kampus lain.
Koordinator Kopertis Wil I Sumut Prof. Dian Armanto pada kunjungan di Stan Institut Teknologi Medan memberia apresiasi besar atas keberhasilan tim ini. Dian memberikan dorongan supaya lebih maju di tahun ini dan akan datang.
Sementara itu Kepala Humas ITM Vivahmi mengatakan selain pengembangan mobil Urban Gasoline dan Proto Listrik serta Proto Gasoline, Tahun 2014 ITM sedang mengembangkan Roket Komurindo dan ROBOT KRI dan ROBOT KRCI yang dipersiapkan pada ajang nasional tahun depan.  (014)


Teks foto
Gubsu diwakili Kepala Diklat Pempropsu Prof Zainuddin, Koordinator Kopertis I Sumut Prof Dian Armanto, Rektor ITM Prof Dr Ilmi Abdullah MSc mengunjungi stan ITM di Pameran Pendidikan Tinggi di Palladium Mall Medan. (Foto: Ist)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung