Pengungsi Harus Dapat Makanan Bergizi



Sutias: Pengungsi Harus Dapat Makanan Bergizi

# Pengungsi Sinabung Peroleh Bantuan Setengah Ton Ikan  dan Bantuan Lain


LANGKAT - Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Hj Sutias Handayani kembali mengunjungi warga korban erupsi Gunung Sinabung. Kali ini kunjungan dilakukan di Desa Sei Telaga Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat, Jumat (31/1). Meski dalam suasana pengungsian dan prihatin, Sutias tetap memotivasi warga untuk optimis.

Pada kunjungan tersebut Sutias yang juga Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumatera Utara turut mengajak koordinator pengungsian dan masyarakat tetap memperhatikan gizi dalam makanan yang disajikan di dapur umum. Untuk menjaga kecerdasan anak, Sutias meminta dapur umum menyediakan lauk pauk berbahan ikan yang mengandung ptotein tinggi.

Menurut Sutias, mengkonsumsi ikan sangat penting karena mengandung protein tinggi yang dibutuhkan sel-sel otak dan tubuh untuk berkembang. Gerakan gemar makan ini sendiri merupakan salah satu program nasional untuk meningkatkan kecerdasan generasi penerus bangsa.

Untuk keperluan protein pengungsi, Sutias memberikan bantuan berupa setengah ton ikan segar dan berbagai kebutuhan pengungsi, Atas nama PKK Sumatera Utara mereka menyalurkan bantuan uang tunai Rp 12,6 juta, 2 ton beras yang masing-masing 1 ton dari PKK dan 1 ton dari Badan Koordinasi Kesejahteraan Keluarga Sosial (BK3S), susu, perlengkapan mandi, sirih, sayur mayur, bumbu masak, pembalut wanita dan perlengkapan bayi

Sutias juga berharap anak-anak pengungsi tetap dijamin memperoleh makanan bergizi dan harus bisa sekolah seperti biasanya, "Meski sedang mengungsi anak-anak harus tetap belajar ya, bagian dapur umum juga harus tetap memperhatikan gizi mereka,"harap Sutias.

Kepala Desa Sei  Telaga Surano Sitepu menjelaskan, jumlah pengungsi di tempat mereka mencapai 716 jiwa dari 223 KK. Mereka berasal dari 7 desa yakni Desa Gugung, Sigarang-garang, Kuta Rakyat, Hutambelin, Suka Nalu, dan Batu Karang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Zulkarnain mengatakan konsumsi ikan di Kabupaten Langkat dan Kabupaten Karo mencapai 28,6 persen atau masih di bawah angka rata-rata Sumut yang 36 persen. Tingkat konsumsi ikan di Sumut sendiri masih di atas angka rata-rata nasional yang hanya 34 persen. (#)

KETERANGAN FOTO
1.Ketua TP - PKK sekaligus ketua Porikan Sumut Hj.Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho memberikan bantuan Sembako untuk pengungsi Sinabung Di desa telaga kec.Sei Bingai Kab Langkat (31/1).

2..Ketua TP - PKK sekaligus ketua Porikan Sumut Hj.Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho Berbagi ceria bersama anak pengungsi Sinabung Di desa telaga kec.Sei Bingai Kab Langkat (31/1).


3.Ketua TP - PKK sekaligus ketua Porikan Sumut Hj.Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho memberi sambutan kepada pengungsi Sinabung Di desa telaga kec.Sei Bingai Kab Langkat (31/1).

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung