Tambang Emas Martabe Ciptakan Peluang Usaha Kaos Sablon Distro


Tambang Emas Martabe Ciptakan Peluang Usaha Kaos Sablon Distro

Batangtoru, (Mimbar) 4 Nopember 2016  – Selama 4(empat) hari (28-31 Oktober 2016), bertempat di Aula Marguna Kantor Kecamatan Batangtoru, Tambang Emas Martabe bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Tapanuli Selatan mengadakan pelatihan Wirausaha Kaos Sablon Distro. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sebanyak 21 orang, berasal dari desa/kelurahan lingkar Tambang Emas Martabe.

Tenaga trainer didatangkan dari “Sablon Medan” yang telah lama menjalankan usaha kaos sablon distro.  Selama pelatihan para peserta diperkenalkan dengan usaha kaos sablon distro, pembuatan desain untuk kaos sablon, peralatan yang digunakan untuk menyablon, teknik menyablon,  penanganan masalah dalam menyablon, serta  tip and trik dalam menjalankan usaha kaos sablon distro.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Tapanuli Selatan yang diwakili oleh Pardamean Ritonga, Kabid Pengawasan Dinas Tenga Kerja Transmigrasi dan Sosial mengatakan: “Pelatihan ini sangatlah bermanfaat bagi generasi muda lingkar Tambang Emas Martabe. Selain dapat menjadi sarana untuk menyalurkan kreatitifas juga membuka jalan bagi terciptanya peluang usaha kaos sablon Distro di Tapanuli Selatan yang masih terbuka lebar. Peluang itu ada di depan mata, tinggal bagaimana para generasi muda yang telah mengikuti pelatihan ini dapat memanfaatkanya”.

Selain diberikan materi dan pengetahuan mengenai usaha kaos sablon distro oleh Mahendra Sitepu, pemilik “Sablon Medan”, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan praktek penyablonan. Selama praktek, para peserta diarahkan dan dibimbing oleh para trainer dari “Sablon Medan”.

Stevi Thomas, Deputi GM General Affairs mengatakan: “Pelatihan wirausaha ini merupakan komitmen Tambang Emas Martabe dalam menciptakan peluang usaha bagi para pemuda pemudi di sekitar Tambang Emas Martabe. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, para peserta tergerak untuk membuka usaha kaos sablon distro yang nantinya dapat menciptakan lapangan kerja dan menciptakan jaringan usaha yang berkembang dari waktu ke waktu. Kami merasa senang melihat antusias mereka selama mengikuti pelatihan. Ini artinya, pelatihan semacam ini memang dinanti-nantikan oleh para pemuda pemudi di Kecamatan Batangtoru”.

Sekilas Tambang Emas Martabe
Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("CoW") yang ditandatangani April 1997.  PT Agincourt Resources mengelola Tambang Emas Martabe yang memiliki sumberdaya 7,4 juta ounce emas dan 69 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak berbiaya rendah.

 Pada Maret 2016, perusahaan konsorsium pertambangan yang dipimpin oleh EMR Capital, spesialis dana ekuitas pertambangan swasta asal Australia, resmi menjadi pemegang saham utama Agincourt Resources. Kepemilikan saham Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara (Pemda) tidak mengalami perubahan. Lebih dari dua ribu orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, tujuh puluh persen direkrut dari masyarakat di lima belas desa di sekitar tambang dan wilayah terdekat lainnya.

Untuk informasi lain, hubungi:
Katarina Siburian Hardono
Corporate Communications Senior Manager
·        M +62 811 9005146 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung