Sumut Juara III Nasional Festival Media Pertunjukan Rakyat

Tim Media Pertunjukan Rakyat Sumatera Utara (Sumut) binaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provsu  berhasil meraih juara III nasional “Festival Media Pertunjukan Rakyat” di Bandung.

Sumut Juara III Nasional Festival Media Pertunjukan Rakyat

Medan, (Mimbar) - Tim Media Pertunjukan Rakyat Sumatera Utara (Sumut) binaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provsu  berhasil meraih juara III nasional “Festival Media Pertunjukan Rakyat” pada Temu Bakohumas dan Komunitas Informasi Tingkat Nasional tahun 2016 yang digelar Kementrian Komunikasi dan Informatika  (Kominfo) RI di Bandung , Jawa Barat, 17 hingga 19 November 2016.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Provsu Drs H Mhd Fitriyus SH MSP selaku pimpinan rombongan didampingi Kepala Bidang (Kabid) Sarana Komunikasi dan Disemininasi Informasi (SKDI) Hj Afini, Kasi Komunisasi Sosial (Komsos) Dra Efi Zarnita MSi dan Jasmis SSos mengaku bangga atas prestasi yang diraih perwakilan kesenian Sumut di ajang nasional tersebut. Sebab berhasil membawa nama baik Provinsi Sumatera Utara di tingkat nasional.

Penghargaan dan hadiah atas prestasi ini diserahkan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI Dra Rosarita Niken Widiastuti MSi kepada Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Provsu Drs H Mhd Fitriyus SH MSP mewakili Gubernur Sumut.

Selaku Kadis Kominfo, Fitriyus juga menyampaikan terimakasihnya kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir H T Erry Nuradi MSi dan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) H Hasban Ritonga SH yang telah memberi dorongan dan motivasi kepada rombongan sebelum keberangkatan.

“Kita juga berterimakasih kepada masyarakat Bandung. Sebab mereka mensuport dan memberi aplaus kepada tim Sumut setiap kali tampil di pentas,” ucap Kadis seraya mengemukakan para pemain kesenian rakyat yang mewakili Sumut ke ajang ini telah bermain dan menunjukan penampilannya seoptimal mungkin. “Insya Allah di  even mendatang, tim kesenian kita lebih matang lagi mempersiapkan diri ,” harapnya.

Dijelaskannya, berbagai kegiatan digelar pada kegiatan  Temu Bakohumas dan Komunitas Informasi Tingkat Nasional tahun 2016 yang dibuka Menteri Desa PDTT Eko Putro Sanjoyo dan ditutup Menteri Kominfo Rudiantara.  Selain Festival Pertunjukan Rakyat, juga  digelar Sarasehan Media Tradisional dan Kelompok Informasi Masyarakat, Forum Bakohumas, Pameran Bakohumas dan Komunitas, Anugerah Media Humas serta Lomba Blogger.

Tim Pertunjukan Rakyat Sumut sudah sering memperoleh prestasi. Selain Juara Nasional di Makassar tahun 2007, Tim Petra Sumut juga Juara III Regional Sumatra di Sumbar tahun 2008 dan tahun 2009 Juara I Eksibisi Festival Petra Tingkat Nasional di Malang Jawa Timur.

Gubsu menegaskan Pemprovsu mendukung penuh dan memberi apresiasi tinggi terhadap semangat maupun kesungguhan tim ini untuk tetap berjuang meraih prestasi di tingkat nasional demi membawa harum nama Sumut.

Meski obsesi juara hendaklah selalu ada pada setiap anggota tim, namun Gubsu mengemukakan pihaknya merestui tim ini ke even nasional tidak sekedar mengejar juara melainkan bernilai lebih strategis sebagai duta-duta Sumut dalam menggelorakan semangat pelestarian budaya dan kesenian Sumut di tingkat nasional.

”Jadi yang lebih strategis adalah semangat melestarikan budaya karena sesungguhnya pendekatan budaya merupakan unsur penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan. Dengan kokohnya kolaborasi budaya tersebut akan terbangun kondisi kemasyarakatan yang harmonis,” ujarnya.

Melalui kolaborasi budaya dan seni, lanjutnya, maka keanekaragaman dan heterogenitas itu semakin indah dan saling hormat menghormati serta saling menghargai antar budaya sehingga kehidupan yang lebih harmonis akan semakin kokoh.

”Semua budaya indah, baik dan sama tinggi atau nilainya. Oleh sebab itu, kolaborasi budaya melalui unsur kesenian sebagaimana yang ditampilkan tim pertunjukan rakyat Sumut ini merupakan komponen strategis memperkokoh harmonisasi tersebut sekaligus dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan kepada masyarakat,” ujarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung