Gubsu Erry Lanjutkan Sister Province Dengan Bekes Hungaria

 Pertemuan di Hungaria

Gubsu Erry Lanjutkan Sister Province Dengan Bekes Hungaria

Medan, (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi melakukan kunjungan kerja ke Maroko dan Hungaria 11-16 Nopember 2016. Di Hungaria, Gubsu melanjutkan kerjasama Sister Province dengan Bekes County dan di Maroko, Gubsu Erry menjadi pembicara soal adaptasi perubahan iklim dalam pertemuan regional sejumlah perwakilan dunia.

‘’Sejak 2010, kita mendapat tawaran untuk kerjasama dalam berbagai bidang dengan Pemerintah Bekes Megye, Hungaria. Sekarang kami lanjutkan kembali,’’ sebut Gubsu Erry kepada wartawan di Medan via selular, Selasa (15/11/2016) dinihari.

Gubsu HT Erry Nuradi yang didampingi Dubes RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintah Bekes County. Bekes merupakan provinsi (daerah) terbesar kedua di Hongaria.

Dalam kesempatan itu Erry menyebutkan, pada draft yang diajukan untuk kerjasama dengan Sumatera Utara tercantum 7 bidang dan lingkup kerjasama yang akan dilaksanakan, yakni Kebudayaan dan Pariwisata, Perdagangan dan Industri, Olah Raga dan Pendidikan, Informasi, Administrasi Publik, Organisasi Sipil, Pertanian dan Perikanan.

‘’Dalam bidang olahraga misalnya, Sumut pernah mengirimkan atlet renang untuk berlatih di Hungaria. Hasilnya, kita berhasil menyumbang dua medali emas saat PON XVIII/2012 Riau. Begitu juga kerjasama bidang-bidang lainnya kita harapkan dapat menuai keberhasilan,’’ sebut Erry.

Erry juga menyebutkan Hongaria merupakan pintu masuk ekspor komiditi dari provinsi ini ke negara-negara Eropa Timur. Banyak komoditi kita dipasarkan di negara-negara Eropa Timur tersebut. ‘’Selama ini ekspor ke negara-negara tersebut selalu melewati pihak ketiga, dan keuntungan terbesar justru dinikmati pihak ketiga ini. Kerja sama ekonomi dan perdagangan dengan Hongaria ini juga memastikan ekspor komoditi kami bisa langsung ke negara tujuan,’’ jelas Erry.

Erry optimis realisasi kerjasama di berbagai bidang ini dapat terwujud. "Kami melihat Pemerintah Hongaria cukup serius menindaklanjuti kerja sama ekonomi dan perdagangan ini," cetus Erry.

Sebelumnya, Gubsu Erry Nuradi menjadi pembicara dalam pertemuan regional adaptasi perubahan iklim bersama pembicara dari Australia, Kanada, Argentina dan Spanyol, Sabtu (12/11/2016).

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung