Direktur Aek Natio Group Raih Gelar Doktor

Direktur PT Anggara Persada, Dian C. Anggara dengan berjuang meraih gelar Doktor


Direktur Aek Natio Group Raih Gelar Doktor  


Medan, (Mimbar) - Menjadi pimpinan pada perusahaan tentunya membutuhkan peningkatan pengetahuan dan wawasan, inilah yang dilakukan Direktur Aek Natio Group yang juga Direktur PT Anggara Persada, Dian C. Anggara dengan berjuang meraih gelar Doktor di bidang ilmu Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Universitas Padjadjaran Bandung.

Mengusung disertasi berjudul “Strategi Bersaing Berbasis Kemitraan Bisnis Dan Reputasi Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan Asuransi Umum Di Indonesia", alumni Magister Administrasi Bisnis dari Sekolah Bisnis dan Management Institut Teknologi Bandung ini mampu  meraih gelar Doktor dengan predikat sangat memuaskan.

Alasan Dian Anggara yang lahir di Medan, 18 Desember 1988 ini mengangkat disertasi terkait tentang peningkatan kinerja perusahaan Asuransi Umum di Indonesia berawal dari fakta yang menyebutkan kalau kinerja premi jasa asuransi umum di Indonesia mengalami pertumbuhan yang negative secara riil sejak tahun 2010.

“Artinya, pertumbuhan nilai premi asuransi umum di Indonesia negative ini lebih rendah dibandingkan dengan tingkat inflasi di Indonesia. Kondisi ini diduga karena disebabkan oleh lemahnya strategi bersaing dan adanya kelemahan dalam pengembangan reputasi perusahaan dan kemitraan bisnis,” ujar anak dari Binsar Situmorang dan Rumondang br. Pangaribuan ini.

Dijelaskan sarjana Manajemen dari Institut Teknologi Bandung ini disertasi yang dilakukannya bertujuan untuk mendapatkan hasil uji dari kemintraan bisnis dan reputasi perusahaan terhadap strategi bersaing serta pengembangan terhadap kinerja perusahaan jasa asuransi umum di Indonesia. “Saya lakukan penelitian ini dengan mengamati pihak manajemen dari jasa asuransi umum di Indonesia,” jelas suami Karina Anatasia Asmara br. Silitonga ini.

Hasil temuan penelitiannya pun tidak jauh dari dugaan awal terhadap lemahnya kondisi kinerja perusahaan jasa asuransi umum di Indonesia yang dipengaruhi dari lemahnya strategi bersaing dan lemahnya pengembangan reputasi perusahaan serta kemitraan bisnis.

Dikatakan ayah Mikhayla Tiffani Clarissa br. Situmorang ini, hasil penelitian yang dilakukannya menemukan kalau kemitraan bisnis dan reputasi perusahaan berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap strategi bersaing, dimana reputasi perusahaan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap strategi bersaing dibandingkan kemitraan bisnis. Sedangkan kemitraan bisnis dan reputasi perusahaan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Namun secara parsial, hanya reputasi perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Sedangkan strategi bersaing berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Begitu pula, kemitraan binis dan reputasi perusahaan secara bersamaan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan industry jasa umum di Indonesia melalui strategi bersaing.

“Temuan penelitian ini menghasilkan yang disebut The Configuration Bussines Model dimana sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan maka perlu didukung oleh strategi bersaing yang tepat. Untuk menuangkan strategi bersaing yang tepat itu, perusahaan harus meningkatkan reputasi perusahaan yang ditunjang oleh peningkatan dalam pengembangan kemitraan bisnis,” papar Dian Anggara yang pernah bekerja di PT. Procter & Gamble Home Products Indonesia sebagai Account Manager  di Central Java dan Key Account Manager di Greater Jakarta ini.

Alumnus SMU St Thomas 1 Medan ini juga mengharapkan, kalau hasil penelitiannya ini tentunya dapat dimanfaatkan bagi perusahaan jasa asuransi umum di Indonesia untuk meningkatkan pengembangan kinerja perusahaan. Secara khusus, kata dia tentu penelitian ini juga bermanfaat untuk menunjang kemajuan dari dua perusahaan yang saat ini tengah dikelolanya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung