Hari Pertama Kerja, Gubsu Sidak Dinas Pendapatan

Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST, MSi mendadak melakukan inspeksi ke Dinas Pendapatan Sumatera Utara pada hari pertama kerja setelah delapan hari pelaksanaan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Senin (4/8). Secara umum tingkat kehadiran PNS di jajaran Pemerintah Pemprovsu cukup baik dimana dari 6.585 PNS, 79 orang atau 1,2% tidak hadir tanpa keterangan.

Hari Pertama Kerja, Gubsu Sidak Dinas Pendapatan
#Kehadiran PNS Pemprovsu Meningkat Capai 98,8 %

Medan (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST, MSi mendadak melakukan inspeksi ke Dinas Pendapatan Sumatera Utara pada hari pertama kerja setelah delapan hari pelaksanaan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Senin (4/8). Secara umum tingkat kehadiran PNS di jajaran Pemerintah Pemprovsu cukup baik dimana dari 6.585 PNS, 79 orang atau 1,2% tidak hadir tanpa keterangan.

Meski sudah menjadi kegiatan rutin, namun kehadiran Gubsu pada inspeksi tersebut tidak dijadwalkan. Gubsu  langsung menentukan tujuan inspeksi ke Dinas Pendapatan, sementara para pejabat pendamping yang terdiri dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pandapotan Siregar, Kepala Dinas Kominfo Jumsadi Damanik, Kepala Inspektur Daerah Hasban Ritonga, Asisten Administrasi Umum M Fitriyus mengikuti mobil Gubsu dari belakang.  

Gubsu yang kemudian bertindak sebagai pemimpin apel, kepada sekitar 800 PNS di jajaran Disependa menyebutkan bahwa dirinya sengaja memilih Dispenda sebagai target Sidak mengingat dinas ini menjadi ujung tombak pembangunan Sumatera Utara. “Dinas Pendapatan adalah ujung tombak kesuksesan pelaksanaan program kerja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Pencapaian target pendapatan menjadi penentu atas keberhasilan pelaksanaan program pembangunan daerah,” tegas Gubsu.

Gubsu berujar bahwa karena Dinas Pendapatan adalah ujung tombak pembangunan Sumut, maka dari dinas ini harus menjadi contoh pembangunan dan penerapan nilai-nilai budaya kerja untuk kebangkitan Sumut. Nilai-nilai budaya kerja yaitu  Religius, integritas, kompeten,  gotomng royong dan pelayanan ditegaskannya harus menjadi ruh dan sikap setiap PNS di Dinas Pendapatan dan jajaran Pemperovsu pada umumnya.

“Setelah ramadhan memunculkan ketakwaan, yang diartikan meningkat, sehingga ada peningkatan budaya kerja dan semangat kerja. Apalagi di lingkungan Dinas pendapatn ada nilai tambah upah pungut yang tidak ada di Dinas lain. Ini harusnya menjadi penyemangat,” tegas Gubsu.  Dia kemudian mengajak seluruh jajaran PNS menjadikan awal kerja cuti bersama sebagai momentum membangun mindset baru. Hari ini, ujarnya, harus lebih baik dari hari kemarin.

“Jangan habis cuti lebaran karena tabungan habis, lalu semangat menjadi turun. Kepada saudara kepala dinas pendapatan sebagaimana amanat kemenpan, saya minta ada proses punishment kepada pegawai yang tidak masuk kerja tanpa alasan, harus ada hukuman. Silahkan koordinasi ke BKD, hukuman harus lebih berat, karena Dispenda ada nilai tambah,” ujar Gubsu.

Usai memimpin apel, Gubsu menggelar rapat dengan pejabat structural di Dinas Pendapatan daerah untuk membahasan pencapaian target pendapatan daerah. Gubsu menekankan agar target 4,5 T pendapatan daerah harus tercapai. Sementara itu, Wagubsu H T Erry Nuradi melakukan sidak ke Dinas Pendidikan Provsu yang juga menemukan kehadiran PNS cukup baik.

 Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dari 6.585 jumlah PNS di jajaran Pemprovsu (diluar UPT), hadir mengikuti apel pagi sebanyak 6.143 orang atau (98,8 persen). “Sebanyak 79 orang atau 1,2% tidak hadir tanpa keterangan,” ujar Kepala BKD Pandapotan dalam keterangan pers di kantor BKD, Senin (4/8). Tingkat kehadiran tersebut menurut Pandapotan meningkat dari tahun dimana juml;ah pegawai tidak hadir tanpa keterangan mencapai 1,24 persen.

“Terhadap PNS yang tidak hadir tanpa keterangan akan dijatuhi hukuman disiplin berupa penundaan kenaiakan pangkat selama 1 (satu) tahun bagi PNS yang menduduki jabatan structural dan penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun bagi PNS non struktural,” ujar Pandapotan. Pemprovsu melalui Sekda Provsu sudah melayangkan laporan kehadiran PNS Pemprovsu setelah pelaksanaan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri tersebut kepada Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Menteri Dalam Negeri RI.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung