Wagubsu Minta Rumah Sakit Siapkan Layanan Unggulan

Wagubsu Minta Rumah Sakit Siapkan Layanan Unggulan

MEDAN -  Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir.H.Tengku Erry Nuradi, M.Si meminta tiap Rumah Sakit di Sumatera Utara mempunyai pelayanan kesehatan unggulan untuk jenis penyakit tertentu. Menurutnya rumah sakit yang ada, baik pemerintah maupun swasta hendaknya memiliki kompetisi sehat bersifat kerjasama yang dapat meningkatkan pelayanan maksimal bagi masyarakat.

Demikian diutarakan Wagubsu saat menerima kunjungan Direktur Rumah Sakit Royal  Prima dr.Deli Theo, SpPK, MARS di ruang kerjanya  Kamis (12/12).Lebih jauh Wagub mengatakan bahwa dengan kondisi sekarang ini dimana setiap rumah sakit masing masing memberikan pelayanan kesehatan merata bagi seluruh jenis penyakit, akhirnya menurut dia pasien akan mencari yang betul-betul menjadi unggulan bagi penyakitnya dan akhirnya memutuskan berobat ke rumah sakit luar negeri.

" ini justru merugikan kita, nah kalau setiap rumah sakit kita memberikan pelayanan biasa saja maka mereka akan lebih memilih rumah sakit luar negeri", katanya prihatin.

Wagubsu mencontohkan misalkan ada seorang pasien mengidap penyakit Kanker, setelah dia mengetahui rumah sakit tertentu unggul dalam pengobatan kanker maka dia akan berobat ke rumah sakit tersebut. Begitupun menurutnya tidak berarti jenis penyakit lain tidak dimaksimalkan, hanya saja ada penanganan khusus sehingga rumah sakit tersebut punya keunggulan tersendiri dibanding rumah sakit lain sehingga tidak menimbulkan kompetisi yang tidak sehat, imbuhnya.

Untuk itu Wagubsu menghimbau melalui Kadis Kesehatan Provsu Dr. Raden Roro Siti Hatati Surjantini, MKes yang juga hadir dalam audiensi tersebut untuk mensosialisasikan strategi pengelolaan rumah sakit tersebut kepada seluruh pengelola rumah sakit di Sumatera Utara.

Dalam kesempatan itu, Wagubsu juga memberikan apresiasinya kepada pihak rumah sakit  Royal Prima yang rencananya akan diresmikan pada bulan Pebruari 2014 mendatang. Selaku pemerintah, dimana dituntut memberikan pelayanan kepada masyarakat, Wagubsu merasa terbantu dengan berdirinya rumah sakit Royal Prima yang akan  memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Tak lupa beliau menghimbau agar rumah sakit Royal Prima nantinya juga menyiapkan pelayanan bagi pasien dengan ASKIN  kelas III. Menurutnya, Dari data dinas kesehatan bahwa kelas pasien tersebutlah yang paling banyak bahkan beberapa kali di rumah sakit pemerintah sempat kekurangan tempat tidur karena membludaknya pasien kelas tersebut.

Terakhir Wagubsu mengingatkan bahwa dalam dunia usaha terlebih rumah sakit tidak melulu mengutamakan profit keuntungan, tapi hendaknya punya tugas sosial yang jauh lebih mulia yaitu dengan memberikan pelayanan maksimal dengan kepada seluruh masyarakat, pungkasnya.

Sependapat dengan Wagubsu, dr, Deli Theo selaku direktur rumah sakit Royal Prima berjanji akan melaksanakan arahan dari orang nomor dua di Sumut tersebut. Tak lupa dia juga mengundang Wagubsu untuk turut hadir dan membuka peresmian rumah sakit Royal Prima nantinya bahkan dia juga berharap Wagubsu dapat memberikan kuliah umum bagi 5000 mahasiswa Universitas Prima yang terintegrasi dengan rumah sakit tersebut.  Universitas Prima telah memiliki 10 Faktultas dan salah satunya Fakultas Kedokteran.Rumah Sakit Royal Prima itu sendiri berada di Jl.Ayahanda No.8A Medan.(*

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung