Gubsu Tidak Tolerir Sopir Terindikasi Narkoba


# Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru
Gubsu Tidak Tolerir Sopir Terindikasi Narkoba
MEDAN - Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST secara tegas menyatakan, dirinya tak akan mentolerir sopir angkutan umum yang terindikasi menggunakan narkoba. Untuk kesiapan angkutan natal dan tahun baru, Gubsu menginstruksikan Departemen Perhubungan Sumatera Utara untuk mengawasi secara ketat para sopir dan kelaikan sarna prasarana transportasi.

"Jangan sampai ada pengemudi atau sopir bus dan angkutan umum lainnya terindikasi narkoba. Ini sangat membahayakan penumpang," tegasnya melalui Kepala Dinas Perhubungan Sumut Anthony Siahaan SE ATD MT saat memonitor pelaksanaan angkutan Natal 2013 dan Tahun Baru (TB) 2014, Selasa (24/12).

Didampingi Kepala Bidang Darat Dishub Sumut Darwin Purba MT dan sejumlah pejabat maupun personil teknis lainnya Kadis memonitor pemeriksaan terpadu angkutan umum dan tes urine pengemudi di Terminal Terpadu Deliserdang di Lubukpakam.

Kadis juga meninjau operasional kendaraan unit VMS (variable message sign) di jalur intas timur Sumut dan inspeksi mendadak (sidak) Posko atau Pos Pemantau Angkutan Natal dan TB di beberapa lokasi di Medan, Deliserdang dan Serdangbedagai.

Di Terminal Lubukpakam, Anthony terjun langsung bersama tim Sumut dan Deliserdang yang dipimpin Kadis Perhubungan kabupaten itu Anda Subrata dan Kabid Darat Dishub Sumut Darwin Purba MT dalam prosea uji fisik dan layak jalan kendaraan meliputi sistem kemudi, pengereman, ketebalan alur ban, lampu dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

Kadis juga memonitor tes urine sopir bus angkutan umum guna mendeteksi kualitas sumberdaya manusia pengemudi harus bebas narkoba. Urine para sopir yang dicegat secara acak dites langsung oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) yang dipimpin Ketua BNN Kabupaten Deliserdang AKBP Magdalena Sirait.

"Kami mendukung penuh kebijakan pemerintah termasuk komitmen Gubsu Bapak H Gatot Pujo Nugroho ST untuk tidak mentolerir sopir yang terindikasi narkoba. Untuk itu sopir yang terdeteksi narkoba langsung kita 'cekal' dan tidak dibenarkan melanjutkan perjalanan kemudian orangnya diproses dan dibuat berita acara pemeriksaan (BAP) guna proses lebih lanjut. Sedangkan bus dikemudikan oleh sopir 2," ujarnya.

Jika sopir 2 juga kedapatan terindikasi narkoba lanjut Magdalena maka kedua sopirnya diserahkan kepada polisi untuk proses lanjutan kemudian bus atau kendaraan diminta diurus oleh pihak perusahaan angkutan dengan mengirim sopir pengganti yang bebas narkoba.

Saat Kadis Perhubungan Sumut berada di lokasi telah dilakukan pemeriksaan uji layak kendaraan dan tes urine terhadap 30 sopir bus. Seorang sopir bus antar kota dalam propinsi terdeteksi narkoba sehingga diserahkan ke polisi guna diperiksa apakah hanya pemakai atau sekaligus pengedar.

Menurut Magdalena bila hanya pemakai maka BNNP akan membina sopir tersebut di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terapi dan Rehabilitasi namun bila terbukti sebagai pengedar, maka sopir itu akan diproses sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Sementara itu Kabid Darat Dishub Sumut Darwin Purba MT mengemukakan pihaknya terus "mengawal" pelaksanaan angkutan natal dan tahun baru ini secara konsisten. Sejak 8 Oktober hingga 23 Desember 2013 telah dilakukan penindakan terhadap 377 kendaraan, hampir semunya telah diteruskan berita acara ke pengadilan negeri, sisanya 16 dalam proses berkas preventif dan 61 berkas pre-entif.

Lebih lanjut Kadishub Sumut menyatakan Gubsu menaruh perhatian besar agar para sopir bebas narkoba sehingga tes urine cukup positip demi mencegah kecelakaan dan untuk memastikan kesehatan sopir bus dan mengantisipasi penyalahgunaan narkoba yang membahayakan.

Pada hari yang sama Kadishub Sumut dan Kabid Darat juga meninjau penggunaan vehicle message service (VMS) di jalur lintas timur sekitar kawasan tugu Lubukpakam.

VMS merupakan perangkat mobil unit yang dilengkapi layar monitor lebar yang dapat dipindah-pindahkan di lokasi strategis sebagai upaya mengatasi kemacetan dengan memberi informasi kepada pengguna jalan melalui vehicle message service (VMS).

"Para pengguna jalan nanti akan mengetahui arah atau jalur mana saja yang mengalami kemacetan sehingga mereka bisa mengantisipasi," kata Anthony seraya menyatakan peralatan unit ini sangat strategis dan penting.

Dishub Sumut juga menerapkan sejumlah langkah untuk antisipasi kesiapan transportasi mudik Natal dan Tahun Baru meliputi penempatan alat-alat berat bersama operatornya di lokasi rawan longsor dan banjir.

Kemudian menerapkan pembatasan operasional angkutan barang guna memperlancar arus kendaraan mudik di jalur Medan - Berastagi dan melakukan monitoring tarif dan sanksi bagi kendaraan yang melakukan di luar ketentuan.

Untuk transportasi pihaknya memprediksi terjadi peningkatan penumpang bervariasi di antara moda yang tersedia seperti moda jalan dan udara meningkat sekitar 15 persen dari kondisi normal, kereta api dan penyeberangan danau dan laut 5 persen serta angkutan laut diprediksi meningkat 36,61 persen.(*)

Comments

  1. Daftar Kesini YUKK!

    Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!

    Menyediakan Permainan SLOT Terbaik Yang Memberikan kemenangan Yang Lebih Tinggi

    Kami Juga menyediakan Banyak Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Deposit Pulsa Dari 10RB

    Segera Dapatkan Jackpot Anda Disini

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung