Gubsu: Perempuan Adalah Agent of Change

Gubsu: Perempuan Adalah  Agent of Change
* Sumut, Deli Serdang, Sergai dan Tebingtinggi Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2013 dari Presiden RI


MEDAN - Gubernur Sumatera Utara h Gatot Pujo Nugroho ST, MSi memimpin pelaksanaan Hari Ibu ke-85 tingkat Provinsi Sumatera Utara di Aula Martabe, Kantor Gubsu, Medan, Kamis (12/2).Gubsu mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai Hari Ibu sebagai sebuat momentum untuk kembali bangkit dan menggalang persatuan dan kesatuan bangsa. Di tengah kondisi bangsa Indonesia yang masih terus berjuang menjadi bangsa besar peran ibu dan kaum perempuan menjadi sangat penting.

 "Mengapa sosok seorang perempuan identik dengan bunga melati, bukan bunga lainnya seperti mawar. Karena Melati selain punya warna putih perlambang kesucian, juga tergolong bunga yang sederhana tapi mewangi, Begitulah sebenarnya sosok perempuan dan kaum ibu itu. Seorang ibu punya peran penting membina keluarga, unit terkecil sebuah negara. Jika keluarga ini bagus maka insyaallah bagus pula negara itu," tegas Gubsu.


Gubsu menambahkan, seiring dengan perkembangan zaman dan globalisasi dunia yang terus berjalan peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Perempuan yang memiliki jumlah terbesar jelas menjadi aset sekaligus potensi sumberdaya manusia yang dapat menentukan sukses tidaknya pembangunan dan peradaban suatu bangsa.


Di Sumut sendiri, telah banyak kaum perempuan yang memiliki peran dan posisi strategis di berbagai bidang kehidupan.Hal ini membuktikan bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya dan masyarakat secara mandiri.

"Banyak posisi strategis dipegang kaum perempuan membuktikan mereka bisa menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change),"ungkap Gubsu.

Pada kesempatan itu pula Gubsu menginformasikan bahwa pemerintah pusat kembali memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kepada pimpinan lembaga/kepala daerah baik provinsi/kabupaten/kota yang memiliki komitmen tinggi dalam upaya pembangunan pemberdayaan kesetaraan gender di semua aspek.

Dan di tahun 2013 ini,  Pemprov Sumut, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Deli Serdang, dan Kota Tebing Tinggi  kembali memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya atas komitmennya yang tinggi di bidang pembangunan juga pemberdayaan wanita.


Pada peringatan tersebut, istri Gubernur Sumatera Utara Ny Hj Sutias Handayani membagikan buku berjudul Tegak Ditengah Badai
karangan Abu Ridha kepada masyarakat. Buku ini banyak menuturkan tentang fungsi dan peran stategis keluarga dalam membentuk manusia dan individu-individu berkualitas yang siap mengarungi gelombang kehidupan.
Di tengah gempuran berbagai informasi dan budaya yang tak selalu sehat, peran ibu dalam keluarga menjadi sangat vital. Ibu menjadi tokoh sentral yang bisa membentuk anak-anak di keluarganya untuk tetap kuat, tangguh dan berkualitas.(*)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung