Sembilan Layanan Unggulan Dispendasu





Sembilan Layanan Unggulan Dispendasu Terus Dipercanggih

Medan,
            Sembilan layanan unggulan Dinas Pendapatan Provinsi Sumut (Dispendasu) terus dipercanggih secara kualitatif maupun kuantitatif sehingga keberadaannya yang telah dirasakan masyarakat semakin berdayaguna sesuai standarisasi layanan publik bertaraf internasional, sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).
            Kepala Dispandasu H Rajali SSos MSP kepada wartawan di Medan, Jumat (13/12) mengakui layanan unggulan akan terus ditambah dan sembilan diantaranya terus ditingkatkan yaitu Payment Point Bank Sumut, Samsat Drive Thru, Samsat Corner, Bus Keliling, Samsat Gerai, Super KPKB, Samsat On Line, Website Dispendasu dan Pelayanan Sesuai Standar ISO 9001-2000.
            “Payment Point (Pembayaran Titipan) kerjasama dengan Bank Sumut memudahkan wajib pajak membayar PKB/BBN-KB, menjamin kelancaran pembayaran dan keamanan setoran wajib pajak,” jelasnya seraya mengemukakan sistem ini masih difokuskan pada tempat pelayanan yang telah definitif dan tertentu, misalnya Bus Samsat Keliling dan Samsat Corner, wajib pajak langsung melakukan pembayaran di loket yang telah disiapkan dan petugas layanan disediakan bank.
Sedangkan untuk terwujudnya kualitas pelayanan yang cepat, tepat dan efisien serta mempermudah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) lanjutnya disediakan Samsat Drive Thru di mana masyarakat dapat membawa langsung kendaraannya ke lokasi Drive Thru tidak perlu turun dari kendaraannya cukup hanya mempersiapkan dokumen asli yang dibutuhkan yaitu STNK, BPKB dan KTP dan langsung melakukan pembayaran di loket yang telah disediakan. Samsat Drive Thru yang telah beroperasi di halaman parkir belakang Bank Sumut (Statis) dan Drive Thru keliling (Dinamis).
Untuk mendekatkan jarak pelayanan dan mengintensifkan pengelolaan pajak jelas Kadis disediakan Samsat Corner yang merupakan layanan pengesahan STNK, pembayaran PKB dan SWDKLLJ di pusat perbelanjaan (mall, supermarket, hypermarket) di mana Pemilik langsung kendaraan dapat membawa persyaratan KTP asli, BPKB asli dan STNK asli dan SKPD terakhir. Layanan Samsat Corner menggunakan database master Kantor Bersama Samsat dan melakukan rekonsiliasi terhadap semua data selambat-lambatnya satu hari berikutnya. Durasi pelayanan maksimum 5 menit (terhitung sejak berkas diproses).
Wilayah pelayanan sebahagian kota Medan dan sebagian Kabupaten Deli Serdang meliputi Kecamatan Batangkuis, Percut Sei Tuan, Hamparan perak, Sunggal, Labuhan Deli, Pancur Batu, Deli Tua, Namo Rambe, Sibiru-biru, Patumbak, Kutalimbaru dan Sibolangit. Samsat Corner yang telah beroperasi di Sun Plaza sehaj 25 Agustus 2008 dan di Plaza Medan Fair sejak 19 Mei 2009.
Sementara itu Bus Keliling juga disiapkan sebagai layanan pembantu untuk pengesahan STNK, pembayaran PKB dan SWDKLLJ dengan menggunakan kendaraan bermotor yang beroperasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Sasarannya adalah wajib pajak yang jauh dari Samsat dan saat ini tersedia layanan sembilan unit bus keliling.
Dispenda juga telah memperoleh ISO 9001-2000 yaitu International Organization For Standardization adalah sistem dan prosedur layanan samsat yang mengacu pada standar sistem manajemen mutu ISO 9001-2000 (kualifikasi internasional).
Kadis menjelaskan layanan unggulan lainnya yaitu Surat Pemberitahuan Kewajiban Pemilik Kendaraan Bermotor (Super KPKB) berupa surat peringatan dan/atau surat pemberitahuan yang dikirimkan kepada wajib pajak untuk memberitahukan kepada wajib pajak agar memenuhi kewajiban pajaknya tepat waktu di mana sasaran utama adalah wajib pajak yang menunggak.
            “Kita juga memiliki Samsat Gerai yang dalam operasionalnya bertugas membantu samsat induk guna mendekatkan kantor pelayanan pajak dengan wajib pajak. Saat ini telah dioperasionalkan delapan Samsat Gerai yaitu Marelan, Indra Pura, Perbaungan, Kampung Pajak Aek Kanopan, Hutabalang Sibolga, Tembung, Tanjung Morawa dan Deli Tua,” jelasnya.
            Guna mendukung trabnsparansi layanan lanjutnya tersedia www.dispendasu.sumutprov.go.id yang merupakan Website Dispendasu yang berbasis teknologi informasi. Juga ada Samsat Online berupa sistem informasi berbasis teknologi dalam pembayaran PKB dan BBN-KB yang tidak bergantung pada tempat tinggal/domisili wajib pajak.
Untuk Tahun Anggaran 2013 jelasnya UPT Penyuluhan Dispendasu telah melaksanakan penyuluhan pada beberapa Kabupaten antara lain di Padang Lawas Utara (Gunung Tua), Kabupaten Humbang Hasundutan (Dolok Sanggul), dan Kabupaten Simalungun (Perdagagangan) untuk Triwulan IV direncanakan di Kabupaten Mandailing Natal (Natal) untuk Tahun Anggaran 2014 diusulkan delapan lokasi lainnya. Sebagai peserta diutamakan pengusaha jasa angkutan umum dan dealer kendaraan bermotor.
“Samsat juga menggelar Razia Kendaraan Bermotor menjaring kendaraan yang belum membayar pajak,” ujarnya seraya mengemukakan pihaknya juga terus berupaya mengintensifkan potensi-potensi baru sebagai sumber PAD diantaranya Pajak Rokok dan Pajak Air Permukaan.


Teks Foto 1 :

Masyarakat merasakan manfaat Samsat Corner yang mendekatkan jarak pelayanan dan mengintensifkan pengelolaan pajak di mana layanan ini menggunakan database master Kantor Bersama Samsat dan melakukan rekonsiliasi terhadap semua data selambat-lambatnya satu hari berikutnya. Durasi pelayanan maksimum 5 menit (terhitung sejak berkas diproses).




Teks Foto 2 :


Samsat Drive Thru yang merupakan satu dari 9 layanan unggulan Dispendasu kebaradaanya sangat dirasakan masyarakat berdayaguna di mana masyarakat dapat membawa langsung kendaraannya ke lokasi Drive Thru tidak perlu turun dari kendaraannya cukup hanya mempersiapkan dokumen asli yang dibutuhkan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung