PKK dan Dekranasda Batubara Harus Kreatif



PKK dan Dekranasda Batubara Harus Kreatif Songsong ASEAN Community

BATUBARA - Tahun 2014 akan membawa dampak positif bagi Kabupaten Batubara. Mulai berlakunya ASEAN Economy Community dan Pelabuhan Kuala Tanjung yang segera beroperasi dapat menjadi faktor pengungkit bagi kemajuan kabupaten tersebut.Tak hanya sektor industri, Batubara juga memiliki potensi pariwisata dan beragam kerajinan khas daerah yang bisa go internasional.


"Semua faktor di atas akan membuat hasil kerajinan daerah Batubara semakin dikenal oleh masyarakat dalam maupun luar negeri. Kondisi ini harus segera disiapkan Dekranasda dan PKK Batubara sebaik mungkin," kata Ketua Tim Penggerak PKK Sumut dan Ketua Dekranas Daerah Sumut, Hj Sutyas Handayani saat melantik Hj Khadijah Arya  sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara periode 2013-2018, di Aula Gedung Dekranasda, Jl Simpang Dolog, Kabupaten Batubara Selasa (24/12).

Sutias menambahkan,  Dekranasda sebagai organisasi mitra kerja pemerintah mempunyai misi untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa. Untuk tingkat lokal, itu tercermin dalam upaya melestarikan dan meningkatkan mutu produk-produk kerajian seperti tenun, anyaman, ukiran kayu, kerang, batu cincin, keramik gerabah, bordir, sulam-sulaman dan lain-lain. Hal ini tentu harus  dituangkan melalui program kegiatan baik melalui pembinaan pelatihan, promosi berbagai pameran dalam negeri dan luar negeri adalah hasil dari produk kerajinan daerah se-Sumatera Utara.

"Batubara itu sangat terkenal dengan tenunan songket sangat baik bila ke depan kita lebih kreatif dengan motif-motif baru. Maka perlu kita merangkul generasi untuk bisa mencipta kreasi baru tenun songket,"papar Sutyas.

Di sisi lain PKK adalah mitra pemerintah serta mendukung kegiatan pemerintah tak jauh beda dengan Dekranasda juga membina masyarakat mulai dari kalangan rumah tangga, hingga masyarakat serta ke tingkat pemerintahan.

Selain itu Dekranas juga merupakan salah satu wadah penopang untuk menumbuhkembangkan kerajinan dari IKM/UKM yang harus mendapat perhatian dari seluruh steakholder khususnya pemerintah Kabupaten/Kota untuk mensupport semua program kegiatan sehingga masyarakat dapat lebih maju sebagaimana kita harapkan untuk berdaya saing dalam menghadapi ASEAN Economy Community 2014.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung