Peringatan Hari Kartini, Sutias : Predikat Ibu Rumah Tangga Lebih Mulia


* Peringatan Hari Kartini 

Sutias : Predikat Ibu Rumah Tangga Lebih Mulia

Medan (Mimbar) - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Uara Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho berpendapat bahawa predikat seorang ibu rumahtangga adalah mulia dan tidak lebih rendah dibandingkan jabatan atau titel apapun. "Bisa melahirkan anak-anak yang berprestasi, bisa mengantarkan suami meraih prestasi atau capain lebih baik, bisa menjaga amanah suami sebagai pemimpin sebuah organisasi,” ujarnya dalam sebuah diskusi memperingati Hari Kartini di salah satu Harian Surat Kabar di Medan, Senin (20/4). Hadir juga sebaga narasumber Guru Besar Ilmu Sosial Politik USU Prof Erika Saragih, Penasehat Ikaatan Wanita Pengusaha Indonesia SUmut Tati Habib Nasution, akademisi, wartawan, kabuoaten/kota di Sumut.  

Sutias menyatakan perjuangan RA Kartini telah memberi peluang para wanita untuk lebih maju dalam segala bidang khususnya menjadi seorang pemimpin. Namun tentunya kaum wanita dalam emansipasinya tidak meninggalkan kewajibannya sebagai ibu dan istri di rumah. “Semua warga negara berhak menjadi seorang pemimpin, dengan hampir 50 persen jumlah wanita di Sumut, maka sudah selayaknya para wanita memberikan potensi yang dimiliki untuk memajukan bangsa, termasuk menjadi pemimpin” ujarnya.

Sutias mengatakan, wanita itu lebih fleksibel, empati, peduli, rajin, teliti, teratur,dan tekun sehingga sebenarnya wanita di satu sisi lebih unggul dari kaum laki-laki. Maka layak dikatakan seorang wanita yang juga sebagai seorang isteri/ibu bagi anaknya menjadi predikat yang sangat tertinggi.

Menurut Sutias, perempun patut mengembangkan potensinya namun tetap harus memprioritaskan keluarganya. Bahkan tokoh wanita seperti Hillary Clinton baru aktif terjun ke dunia politik setelah anaknya dewasa dan mandiri. “Seperti  Hillary Clinton, dia mau masuk ke panggung politik setelah anaknya dewasa dan sudah mandiri. Demikian dengan pemimpin wanita lainnya. Ibu-ibu tersebut sudah mengantarkan anak-anaknya ke posisi yang cukup baik,” katanya.

Wanita Indonesia sekarang, kata Sutias, sudah jauh lebih maju jika dibandingkan dulu. “Ini semua berkat Ibu Raden Ajeng Kartini. Sebelum Raden Ajeng Kartini sebenarnya banyak perempuan Indonesia yang tidak kalah kepintarannya dan juga sepak terjangnya di masyarakat. Tetapi kebetulan tidak tertulis dan tidak tercatat di dalam sejarah perjuangan bangsa. Seperti Dewi Sartika, Cut Nya Dien, dan lainnya semua bekerja dan berjuang di daerahnya masing-masing membangkitkan semangat juang, baik perempuan maupun lelaki,” paparnya.

Makanya, lanjut dia, perempuan dan lelaki harus saling melengkapi. “Jika perempuan mau maju jadi pemimpin di daerah maupun negara, dia harus mempunyai kapasitas yang lebih. Kita juga tidak boleh meninggalkan jabatan kita sebagai ibu rumahtangga. Bagaimana pun kita sebagai ibu rumahtangga tetapi dibutuhkan posisi kita sebagai ibu rumahtangga yang melayani suami dan anak-anak di rumah. 

Dia menjelaskan, sebagai masyarakat umum yang ingin mendukung seseorang jadi pemimpin kepala daerah maupun pemimpin lainnya, harus melihat potensi yang ada dalam diri perempuan tersebut. “Kita melihat saat ini banyak wanita muda yang menjadi anggota dewan, dan tentu masyarakat bertanya, apa yang sudah diberikan mereka kepada Indonesia. Harapannya diawal, ketika ada kuota 30 persen dari perempuan, mereka bisa membawa aspirasi perempuan ke tingkat nasional maupun internasional.  Tapi saya kurang setuju terkait harapan itu, keberadaan perempuan di dewan seharusnya mewakili semua rakyat, bukan perempuan saja, yang penting bagaimana kita semua bekerjasama didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat umum dalam rangka membangun Indonesia kedepan,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini perempuan di Sumut sudah banyak yang maju dan bahkan lebih hebat lagi, dan tidak kalah dengan tingkat nasional. “Contohnya seperti  Prof Erika Saragih yang menjadi salah satu rektor universitas di Sumut dan guru besar di USU. Juga misalnya di wilayah Pemprovsu sendiri sekarang SKPD-nya dipimpin oleh wanita, seperti Plh Sekdaprovsu Sabrina, Kepala Badan BLH Provsu Hidayati, Kepala Badan Penanaman Modal Provsu Purnama Dewi, dan di sejumlah daerah di Sumut, camat dan lurahnya ada perempuan.  Kinerjanya tidak tertinggal dibandingkan dengan lelaki,” paparnya.

Dikatakannya, kerja perempuan itu tidak boleh disepelehkan. Sebab perempuan lebih sempurna didalam memandang sesuatu hal, karena perempuan itu sampai hal lebih kecil-kecilpun diperhatikannya. “Kalau lelaki mungkin berpikir secara global, kalau perempuan sampai ke tingkat kecil-kecil pun diperhatikannya. Sebab seorang ibu, ketika jadi pejabat, maka sampai alas meja pun menjadi perhatiannya. Jadi antara ibu-ibu dan bapak-bapak sebenarnya bukan teman untuk bersaing tapi bagaimana bisa saling melengkapi. Sebab perempuan dan lelaki adalah mitra yang dilahirkan oleh Tuhan untuk bekerjasama,” katanya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung