Jingle Kesehatan Sumut Raih Juara Favorit Tingkat Nasional



Jingle Kesehatan Sumut Raih Juara Favorit Tingkat Nasional

Medan (Mimbar) - Ketua TP PKK Provinsi Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho merasa bangga dan bersyukur akan raihan juara favorit jingle kesehatan kampanye IVA (inspeksi visual dengan asam asetat)  tingkat nasional Sutias mengharapkan agar raihan ini menjadi semangat bagi stakeholder kesehatan untuk mengkampanyekan pencegahan dini terhadap kanker serviks.

"Kemenangan ini diharapkan dapat juga memotivasi para perempuan Sumut untuk mencegah penyakit kanker servik dengan rutin memeriksa ke dokter," kata SUtias pada jamuan makan bersama panitia video conference IVA di rumah dinas Gubernur Kamis (23/4) malam di Jalan Jendral Sudirman. Hadir pada acara tersebut sejumlah panitia video conference IVA yaitu General Manager Telkom Medan Zahrial Hamid, pengurus TP PKK Sumut, TVRI, RRI dan Mahasiswi Polikes Kementeri Kesehatan Sumatera Utara. 
 
Sutias kemudian menjelaskan betapa pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin selain para perempuan selain harus menjalani hidup sehat dan bersih.  Hindari kebiasaan hidup yang tidak baik yang dapat menjadi pemicu tumbuhnya kanker, diantaranya adalah merokok, kurangnya asupan Vitamin C dan vitamin E, dan kurangnya asupan asam folat," ujar Sutias.

Selain itu, lanjutnya, sering berganti – ganti pasangan saat intim, selain itu melakukan hubungan seks kurang dari umur 16 tahun juga sangat mempengaruhi.

Sutias kemudia menyatakan rasa syukurnya bahwa dimana data yang diterimanya selama pemeriksaan IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) di Puskesmas Tanjung Morawa, tak seorang pun pasien yang memeriksa kesehatan terindikasi kanker serviks. "Ini membuktikan perempuan di Sumut sadar akan penyakit mematikan setelah kangker payudara," katanya.

Sementara PT Telkom pada kata sambutannya merasa bangga karena  mulai dari persiapan hingga acara video comprence IVA ketua TP PKK bersama ibu Negara Iriana berjalan dengan baik. "Syukurnya meski acara sempat molor 1 jam tapi begitu acara selesai, hujan badai melanda daerah Tanjung Morawa termasuk lokasi acara, bayangkan bila kondisi itu terjadi saat berlangsungnya acara tersebut" katanya.

Pada kesempatan itu Wakil Ketua IVA Ny Teja Syarifuddin menyerahkan piala yang diserahkan ibu negara pada acara yang dipusatkan di Kulon Progo, Yogyakarta. Teja sebelumnya mewakili Ketua TP PKK Provsu menerima piala itu.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung