Gubsu dan Walikota Padangsidempuan Tanam Padi Perdana


Dukung Ketahanan Pangan,
Gubsu dan  Walikota Padangsidempuan Tanam Padi Perdana

Padangsidempuan (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSi bersama Walikota Padangsidempuan Andar Amin Harahap dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Padangsidempuan, melakukan penanaman padi perdana di hamparan sawah Desa Pintu Langit Kecamatan Padangsidempuan Angkola Julu Kota Padangsidempuan, Kamis (2/4). 

Kegiatan dilakukan guna merealisasi dukungan Pemerintah Pusat dalam program ketahanan pangan sekaligus rangkaian Kunjungan Kerja Gubernur Sumatera Utara dalam Hari Jadi Pemprovsu yang ke-67.

Gubsu yang saat itu hadir di Desa Pintu Langit langsung disambut antusias warga sekitar, Gubsu bersama Walikota Padangsidempuan langsung masuk ke hamparan sawah dan langsung mengambil bibit padi serta menanamkan ke areal sawah.

"Salah satu faktor agar kuat adalah faktor pangan, makanya presiden punya target tahun 2017 harus swasembada pangan terutama beras padi dan jagung dan sampai sekaranng Alhamduillah kebijakan menteri pertanian tidak boleh ada lagi impor beras," ujar Gubsu saat memberi sambutan.

Gubsu menyampaikan bahwa negara kuat salah satu ciri dan tandanya adalah ketersedian ketahanan pangan yang cukup.

"Saya atas nama pemerintah Provinsi Sumut berterimakasih kepada Walikota Sidempuan karena Waalaupun wilayahnya kota namun menurut catatan kami luas dan lahan pertanian masih cukup besar dan masih sangat banyak," ujarnya.

Apalagi, lanjut Gubsu Provinsi Sumut memang ditargetkan oleh pemerintah pusat untuk memberikan kontribusi swasembada pangan dan dalam hal ini terhadap beras.

Pemerinbtah pusat, lanjut Gubsu memberikan kontribusi terhadap  Swasembada pangan. Kegiatan Dana APBN yang dialokasikan ke Kota Padangsidempuan Tahun Anggaran 2015 melalui Ditjen Prasarana dan sarana Pertanian adalah sebesar Rp 3.739.815.000 meliputi pengembangan jaringan irigasi 1.500 Ha, Pengembangan optimasi lahan 460 Ha, pengembangan optimasi lahan dalam rangka upaya khusus 100 Ha, percepatan optimasi PAT-PIP kedelai (100 Ha) dan bantuan Traktor roda dua sebanyak 5 unit.

Walikota Padangsidempuan Andar Amin Harahap menyampaikan pelaksanaan kegiatan penanaman padi perdana di Desa Pintu Langit ini  merupakan wujud langkah nyata untuk menyukseskan program yang dicanangkan untuk mencapai swasembada pangan.

"Langkah-langkah yang kita lakukan yakni penyerahkan traktor kurang lebih 37 unit terhadap setiap kelompok tani, Pembuatan bendungan irigasi," ujarnya.

Dari enam kecamatan yang ada di Kota Padangsidempuan ada empat kecamatan yang sebagian besar petani.

"Saya sangat mengharapkan terkhusus kehadiran pak gubernur dapat memberi motivasi untuk kita semua," harapnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung