Tiga Calon Sekdaprovsu Masih Sama Kuat

Tiga Calon Sekdaprovsu Masih Sama Kuat
* TPA belum jadwalkan pembahasan Sekda baru

Medan (Mimbar) - Tiga calon Sekdaprovsu masih sama kuat. Nama ketiganya hingga Rabu (15/10) masih berada di Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketua Wakil Presiden (Wapres). Sejauh ini tidak ada nama yang didominasi.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Dody Riatmaji mengemukakan hal itu ketika dihubungi wartawan dari Kantor Gubernur Sumut (Gubsu) di Medan, Rabu (15/10).

Meski diakuinya tidak tertutup kemungkinan Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ada memberikan catatan khusus kepada salah satu nama, dan itu bisa saja disampaikannya langsung kepada Presiden atau Wapres, namun dalam proses penilaian di TPA ketiga nama tersebut posisinya sama, tidak ada yang diprioritaskan pembahasannya pada satu nama.

Atas dasar itu, Dody mengimbau masyarakat Sumut mempercayakan sepenuhnya kepada penilaian TPA karena ketiga nama yang diusulkan Gubsu yakni DR Drs H Arsyad Lubis MM,  H Hasban Ritonga SH dan Drs H Randiman Tarigan MAP, telah memenuhi mekanisme dan persyaratan.

Hanya saja Dody belum bisa memastikan kapan selesai proses di TPA, apakah masih bisa tuntas dalam pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan berakhir pada 20 Oktober ini atau tidak.

"Kapan selesainya belum bisa saya pastikan. Lagipula sejauh ini pembahasan di TPA sepengetahuan kami (pihak Depdagri - red) belum dijadwalkan karena belum ada pemberitahuan kepada Mendagri sebagai salah satu anggota TPA. Saat ini Mendagri lagi 'check up'," jelasnya.

Tentang jadwal TPA, Dody menegaskan hal itu di luar jangkauan pihak Kemendagri sehingga dia tidak bisa memaparkan lebih rinci. Namun dia masih optimis seandainya rapat bisa segera digelar maka prosesnya tuntas sebelum berakhir masa jabatan Sekdaprovsu saat ini, Nurdin Lubis, karena biasanya rapat TPA dalam satu hari sudah bisa mengambil kesimpulan.

Seandainya hingga 31 Oktober belum diperoleh Sekdaprovsu baru sementara Nurdin Lubis pensiun 1 Nopember 2014, Dody menyatakan hal itu tidak masalah karena Gubsu cukup mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) Sekdaprovsu, baik salah satu nama dari tiga calon yang diusulkan maupun nama lain yang memenuhi persyaratan.

Ketiga nama di TPA yakni  DR Drs H Arsyad Lubis MM (54 tahun) saat ini Kepala Bappeda Sumut dan telah mengenyam pendidikan antara lain Akademi Pendidikan Dalam Negeri (APDN), Institut Ilmu Pemerintahan (IIP), Pasca Sarjana S2 di USU dan lulusan program Doktor (S3) dari Universitas Sumatera Utara (USU).

H Hasban Ritonga SH (57 tahun) berpangkat Pembina Utama Madya (IV/D) saat ini Inspektur Provinsi Sumut dan telah mengenyam pendidikan formal maupun pendidikan kepemimpinan, fungsional dan teknis. Beliau alumni Fakultas Hukum USU.

Di bidang birokrasi dirintisnya dari bawah sejak masih ada eselon V antara lain Kasubsi Ceramah Diskusi di Kanwil Deppen, berjenjang ke eselon IV/b, IV/a, pernah Kakan Departemen Penerangan (Deppen) Labuhanbatu dan Kadis Kominfo Labuhanbatu. Telah menduduk lima jabatan eselon II antara lain Sekda Labuhanbatu, Assisten Administrasi Umum Pemprovsu dan kini Inspektur Provinsi Sumut.


Sedangkan Drs H Randiman Tarigan MAP (58 tahun) yang saat ini Sekretaris DPRD Sumut masuk di jajaran Pemprovsu tahun 2010. Sebelumnya lulusan Pasca Sarjana UMA ini berkiprah di Pemko Medan antara lain pernah Kabag Umum, Kadis Pertamanan dan Kadispenda Medan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung