HUT BKOW Sumut Ke-44

HUT BKOW Sumut Ke-44
Wagubsu Ajak BKOW Ikut Fokus Tekan Kemiskinan

Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), H T Erry Nuradi mengajak Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Utara (Sumut) ikut fokus menekan angka kemiskinan di Sumut.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), H T Erry Nuradi saat memberikan sambutan pada Hari Ulang Tahun BKOW Sumut ke-44 di Gedung Martabe Pemprovsu, Selasa (21/10).

Erry mengatakan, kemiskinan merupakan salah satu pemicu munculnya permasalahan sosial. Dia memisalkan seperti tingginya kematian ibu saat melahirkan, balita gizi buruk, dan rendahnya wanita berpendidikan yang semuanya bagian dari kkemiskinan.

"BKOW sebagai salah satu mitra kerja pemerintah, ke depan harus mampu meningkatkan perannya, terutama dalam memutus rantai kemiskinan," katanya.

Persoalan itu, lanjut Wagubsu, bisa diatasi jika ada keterlibatan dan peran aktif kaum perempuan dalam penanggulangannya. Dia mengatakan, dimanapun perempuan memiliki peranan dan kedudukan sangat penting sepanjang sejarah pembangunan negara Indonesia. 

Berdasar data BPS Sumut, penduduk miskin Sumut per Maret 2014 berjumlah 1.286.700 jiwa atau 9,38%. Jumlah orang miskin menurun dibandingkan kondisi Maret 2013 yang berjumlah 1.362.400 jiwa atau 10,06% dari keseluruhan populasi.

Selain itu, katanya, BKOW juga harus meningkatkan kualitas peran dan kemandirian BKOW dan organisasi perempuan tanpa menghilangkan nilai historis perjuangan kaum perempuan.

"Agar BKOW Sumut menjadi sebuah organisasi pembelajaran, maka BKOW harus mampu memfasilitasi pembelajaran kepada seluruh anggotanya," katanya.

Ketua BKOW Sumut, Kemalawati AE mengatakan, BKOW membutuhkan dukungan dari Pemprovsu. Apalagi setelah gedung BKOW terbakar, kegiatan BKOW sedikit mengalami hambatan.

"Kami berharap gedung BKOW ini bisa dibangun kembali agar organisasi yang dijalankan bisa berjalan maksimal. BKOW ini membawahi 90 organisasi perempuan se-Sumut," jelasnya.

Ulangtahun BKOW ke-44 ini, katanya, merupakan refleksi dan evaluasi apa yang telah dilakukan selama ini. 


Pada HUT BKOW Gubsu bersama Kemalawati meninjau beberapa stand pameran hasil kerajinan yang dipelopori perempuan dan tergabung dalam organisasi. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan pemotongan nasi tumpeng serta setiap perwakilan organisasi menunjukkan kebolehan di depan Wagubsu.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung