Gubsu Dukung Jokowi Arahkan Fokus Pembangunan di Pesisir


Peringatan Hari Lingkungan Hidup
Gubsu Dukung Jokowi Arahkan Fokus Pembangunan di Pesisir

Medan (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mendukung arah kebijakan pembangunan pemerintahan Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla yang mengambarkan akan lebih fokus menggali wilayah kelautan dan kawasan pesisir pantai yang dikenal dengan istilah Ocean Development.

Hal ini disampaikan kepada wartawan usai membuka peringatan hari lingkungan hidup tingkat provibsi Sumut tahun 2014, Selasa (21/10) di Hotel Madani Medan.

"Selama ini memang cendrung lebih fokus kepada pembangunan diwilayah darat. Padahal potensi kelautan dan wilayah pesisir Indonesia jauh lebih besar dan masih belum tergali secara optimal. Oleh sebab itu gambaran yangs saya tangkap dari arah pemberintahan presiden Jokowi untuk menggali potensi kelautan memiliki prospek cukup besar dalam mensejehterakan bangsa kedepannya," kata Gubsu saat meninjau pameran lingkungan hidup.

Bagi Provinsi Sumut, Lanjut Gubsu potensi kelautan diakui Gubsu belum tergali secra maksimal.  Oleh sebab itu, dengan melihat kearah laut dan wilayah pesissir yang merupakan 2/3 dariwilayah Provibsi Sumut merupakan langkah yang tepat untuk pembangunan kedapan.

Hanya saja,  Gubsu mengingat dalam mengelola potensi kelautan wilayah pesissir itu dihadapkan pada komitmen untuk lebih serius dalam memperhatikan keseimbangan ekosistem. "Oleh sebab itu,  kita harus membangkitakan kesadaran bersama didalam membanguan kekuatan untuk lebih peduli dalam melestaraikan lingkungan hidup di Sumut terutama kelestarian wilayah pesisir dan kelautan," ajaknya.

Untuk itu, melalui peringatan hari lingkungan hidup tahun 2014 ini,  dirinya megajak semua pihak untuk menyatukan persepsi dan langkah, melindungi ekosistem pesisir dari dampak perubahan iklim sehingga tercapai ketahanan lingkungan.
 
Dengan tema hari lingkungan hidup yang menyerukan satukan langkah, lindungi ekosistem pesisir dari dampak perubahan iklim divisualisasikan dengan logo berupa payung yang merupakan ajakan proaktif kepada masyarakat untuk melindungi dan mempertahankan keseimbangan ekosistem (tanah, air dan udara) pesisir dari ancaman perubahan iklim dengan mewujudkan ekosistem lestari.
 
"Atas nama pemerintah provinsi sumatera utara, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak baik pemerintah kabupaten/kota, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat maupun masyarakat luas yang selama ini telah melakukan berbagai kegiatan` mendukung perlindungan dan  pengelolaan lingkungan hidup baik secara langsung maupun tidak langsung serta berbagai kegiatan lainnya," ujarnya.
 
Mari, ajak Gubsu dengan kegiatan ini kita jadikan momen  kesadaran bersama dan bangkitnya kekuatan kita untuk melestarikan lingkungan hidup sumatera utara.
 
Sementara itu, kepala Badan Lingkungan Lingungan Hidup Provinsi Sumut Dr Ir Hj Hidayati MSi melaporkan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2014 ini diselenggarakan  untuk mendorong masyarakat Sumatera Utara agar berpartisipasi nyata dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan meningkatkan perekonomian Sumatera Utara melalui program 3R, Bank Sampah, kompos dan energi terbarukan dengan melibatkan stakeholder.

Adapun rangkaian kegiatan peringatan hari lingkungan hidup ini meliputi, pameran, penyerahan bantuan tong komposter kepada bupati/walikota peraih penghargaan adipura tahun 2014, penyerahan penghargaan terhadap Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2014, pemutaran film perubahan sampah menjadi listrik, penampilan mini orkestra, pementasan teater lingkungan hidup dan lain sebagainya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung