Isi Kuliah Umum di USU, Wagubsu Tantang Mahasiswa jadi Pengusaha


Isi Kuliah Umum di USU, Wagubsu Tantang Mahasiswa jadi Pengusaha

Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap Universitas Sumatera Utara (USU) mencetak pengusaha (intrepreneur) muda guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Salah satu upaya merealisasikan hal itu adalah membekali mahasiswa dengan berbagai keahlian, tidak terkecuali merangkul seluruh elemen, baik industri, perusahaan, pelaku usaha dan pihak lainnya.

Harapan tersebut disampaikan Wagub Tengku Erry saat memberikan kuliah umum CEO Speaks dengan tema “Development of Creative Economy Based of Technology” di Aula Fakultas Teknik USU, kampus USU Medan, Sabtu (18/10). Dalam kesempatan itu Wagubsu juga mengajak para mahasiswa untuk berani berwirausaha.

Hadir pada acara itu Pembantu Rektor IV Universitas Sumut Prof DR Ningrum Natasya Sirait MH, MSi, Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi, SDA dan Keuangan Ir Riadil Akhir Lubis, Presiden Direktur PT Indosat Tbk Alexander Rusli, Head of Sales Nothern Sumatera Area PT Indosat Tbk Wulang Prabowo Edhi, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumut Ivan Iskandar Batubara, Ketua Umum Badan Pimpinan Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumut Akbar Himawan Buchari dan para mahasiswa dan anggota HIPMI PT Sumut. Sedangkan Ir Iskandarini MM, PhD berperan sebagai moderator kuliah umum.

Dalam kesempatan tersebut, Erry menegaskan Indonesia sangat membutuhkan intrepreneur baru guna mendukung percepatan dunia usaha. Berdasarkan data yang ada, pertumbuhan pengusaha muda Indonesia masih sangat rendah dibandingkan beberapa negara lain di ASEAN.

“Pertumbuhan wirausaha di Indonesia masih di bawah 2 persen. Sedang Singapura telah melebihi 7 persen. Untuk itu, USU sebagai lembaga penyelenggara pendidikan, diharapkan mampu mencetak intrepreneur muda yang siap menghadapi tuntutan globalisasi di masa mendatang,” harap Erry.

Erry menyadari, ilmu yang diberikan di bangku kuliah tidak cukup sebagai bekal bagi mahasiswa untuk menjadi intrepreneur. Butuh pembekalan keilmuan lebih dari itu. Salah satunya adalah dengan menggelar seminar, pelatihan bahkan praktik kerja lapangan yang berkaitan dengan pembekalan kewirausahaan.

“Untuk mencetak mahasiswa siap pakai dan mampu berdikari, tentu tidak mudah. Pelajaran yang diperoleh di bangku kuliah tidak cukup. USU harus memiliki strategi lebih dalam menyiapkan SDM yang tangguh dan berdayaguna,” saran Erry.

Menurut Erry, sejak dini, USU juga layaknya mendidik mahasiswa untuk membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, baik itu industri, pelaku usaha dan lain sebagainya. Tujuannya untuk melatih mahasiswa mengembangkan keahlian sekaligus mempraktikkan disiplin ilmu yang dimilikinya.

“Jaringan atau nerworks adalah kekayaan yang tidak dimiliki semua orang. Mahasiswa sejak dini harus memiliki keahlian dalam membangun jaringan. Jaringan itu sangat bermanfaat dalam mengembangkan usaha nantinya,” sebut Erry.

Tidak lupa Erry memberikan motifasi kepada mahasiswa USU untuk terus belajar dan bekerja keras mewujudkan impian. Status sarjana, bukan jaminan untuk mendapatkan kehidupan yang layak dimasa mendatang.

“Titel sarjana yang diperoleh dari kampus, nantinya hanya sebagai legalitas semata. Keahlian dan kemampuan tiap orang akan menjadi penentu, apakah dia mampu bersaing atau hanya menjadi penonton dalam pergulatan dunia dan tuntutan jaman,” seru Erry.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sendiri sangat mendukung kegiatan pelatihan dan seminar seperti CEO Speaks. Setidaknya, kegiatan tersebut menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk menjadi intrepreneur yang berhasil di masa mendatang.

“Intinya, mari kita gerakkan semua elemen untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara. Jika Sumatera Utara bangkit, tentu akan mempengaruhi kekuatan ekonomi nasional,” harap Erry.

Sementara Rektor Universitas Sumut melalui Pembantu Rektor IV  Prof DR Ningrum Natasya Sirait MH, MSi berharap Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi selaku Ketua Umum (Ketum) Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA-USU) Komisariat Daerah (Komda) Sumut juga bergerak dalam membekali mahasiswa dengan berbagai keahlian kewirausahaan.

“Saya berharap Ikatan Alumni USU juga memiliki program peduli mahasiswa yang berorientasi menyiapkan mahasiswa siap pakai usai menyelesaikan kuliahnya. Kami berharap Pak Wagub bolak-balik kantor Pemprovsu-USU demi juniornya,” harap Ningrum.

Ningrum juga menyarankan PT Indosat Tbk tidak hanya menyentuh mahasiswa Fakultas Teknik, tetapi seluruh fakultas yang ada di USU demi pemerataan keahlian dan keilmuan.

“Jangan kerjasama dengan Fakultas Teknil saja. Mahasiswa fakultas lain juga butuh kerjasma dengan Indosat dalam pembekalan SDM siap pakai,” ujar Ningrum.

Ketua HIPMI Perguruan Tinggi (PT) Sumut, Syahrul Akbar mengatakan, Kuliah Umum CEO Speaks tersebut salah satu langkah awal kerjasama antara mahasiswa dengan PT Indosat Tbk dalam upaya mendorong berkembangnya pertumbuhan wirausaha di Indonesia.

“Kuliah Umum ini juga merupakan suatu langkah dalam upaya untuk mendorong peningkatan ekonomi Sumut pada khususnya. Forum ini akan mengulas sepakterjang para CEO terkemuka di Indonesia, terutama pengalaman dan strategi mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya yang berbasis teknologi," papar Syahrul.

Syahrul juga mengatakan, keseriusan HIPMI PT Sumut dalam mendorong perekonomian bangsa ditandai dengan telah diresmikannya pusat inkubator bisnis mahasiswa yang diresmikan langsung Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi di Food Corner Amaliun, Jl. Amaliun Medan pada 31 Mei 2014 lalu.

“Tunasnya sudah ditanam. Namanya HIPMI Handmade dan HIPMI Food Corner. Pak Wagub hasir meresmikan Mei lalu. Semoga tunah ini tumbuh dan dapat menjadi berkembang,” harap Syahrul.

Syahrul menjelaskan, HIPMI Handmade merupakan pusat kreatifitas anak muda Sumut yang menghasilkan ssejumlah produk kreatif hasil olahan tangan. Begitu juga HIPMI Food Corner yang merupakan suatu kreasi putra-putri Sumut yang tergabung dalam HIPMI PT Sumut yang tergabung dalam HIPMI PT Sumut bidang kuliner.

"Hal ini diharapkan mampu mendorong peningkatan pertumbuhan wirausaha di Indonesia, khususnya Sumatera Utara," ujar Syahrul

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung