Sutias Imbuh Warga Langkat Manfaatkan Pekarangan

Ketua TP -PKK mengunjungi tanaman pekarangan rumah warga desa aman damai

Sutias Imbuh Warga Langkat Manfaatkan Pekarangan

Langkat (Mimbar) - Ketua TP-PKK Provsu Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho mengatakan pemanfaatan tanah perkarangan rumah sebagai penambahann gizi dan penghasilan keluarga. Hal itu disampaikan pada saat  PKK Provsu Tim Monitoring di desa percontohan Aman Damai Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, Jumat (24/10).

Kegiatan Tim Monitoring itu sendiri merupakan rangkaian perlombaan HATINYA (Halaman Aman Tentram Indah dan Nyaman) yang dilakukan TP-PKK Provsu yang nantinya bila menang akan mewakili kabupaten di tingkat Provinsi.

Pada kesempatan itu hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Langkat Hj. Nuraida Ngogesa Sitepu, dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provsu Amran Uthe.

Sutias merasa kagum melihat perkarangan rumah warga yang digunakan untuk lahan perkebunan untuk sayur mayur hingga budidaya ikan.

"Dengan pemanfaatan tanah perkarangan kita bisa memenuhi kebutuhan gizi sehari juga dapat menambah penghasilkan," paparnya.

Untuk itu Sutias meminta agar kondisi pemanfaatan tanah perkarangan bisa dijaga dan terus dilakukan oleh warga desa. Tak hanya itu desa-desa di Sumut juga dapat mencontoh Desa Aman Damai.

"Saya harap pemanfaatan tanah perkarangan seperti saat ini tak hanya diterapkan saat mengikuti lomba HATINYA PKK," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua TP-PKK Kabupaten Langkat Nuraida Ngogesa Sitepu yang sangat bangga akan kondisi Desa Aman Damai. Karena tak hanya tertata rapi juga sangat indah dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga.

"Saya mendukung atas upaya para warga yang mampu mewujudkan keperdulian terhadap lingkungan dan keluarga, Semoga Desa Aman Damai bisa ikut perlombaan HATINYA PKK hingga tingkat nasional,"ucapnya sembari memberi semangat.

Desa Aman Damai itu sendiri juga mendapat bantuan dari sejumlah instansi dan perusahaan. Mulai dari Dinas Pertanian Langkat dalam bibit sayur dan Dinas Perikanan Langkat bibit ikan lele serta nila. Selain itu dari Bank Indonesia bantuan ternak itik dan ayam sekaligus alat penetasan telur.


Dengan dukungan tersebut, Suherman Kepala Desa Aman Damai akan terus mendorong warga untuk terus berusaha mengelolah tanah perkarangan rumah masing-masing agar terciptakan kondisi desa yang seperti nama desa tersebut Aman Damai.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung