Pembangunan Jalan Lingkar Luar Danau Toba 140 Km




Pembangunan Jalan Lingkar Luar Danau Toba 140 Km Dimulai 


Samosir, (Mimbar Umum) -. Rapidin Simbolon, Bupati Samosir, melalui pesan Whatsaap, Rabu (07/03/18) sore kepada para pewarta di Kabupaten Samosir menyampaikan bahwa salah satu jalan strategis di kawasan Danau Toba yang menghubungkan 7 kabupaten adalah jalan lingkar luar di pinggiran danau, daratan Sumatera. Jalan ini kurang lebih sepanjang 140 km, akan menghubungkan Muara (Taput) - Bakkara (Humbahas) - Janjiraja, Holbung, Sabulan, Tamba, Harian (Samosir), Hasinggaan Bonandolok (Samosir) - Silalahi (Dairi) - Tongging (Karo) - Parapat (Simalungun) hingga ke Balige (Tobasa). Diperkirakan jalan ini kurang lebih sepanjang 140 km.
"Infrastruktur kawasan Danau Toba sebagai salah satu jalan strategis di kawasan Danau Toba yang menghubungkan 7 kabupaten adalah jalan lingkar luar Samosir yang berada di daratan Sumatra Utara, dengan panjangnya kurang lebih 140 kilometer," tulis Rapidin Simbolon.
Rapidin juga menyampaikan, selama ini jalan strategis outer ring road (ORR) belum ada sentuhan secara signifikan, namun Samosir akan berupaya memulainya. "Walau demikian, Samosir bertekad untuk memulai walaupun dengan anggaran yang sangat minim," ujarnya.
Kemudian Rapidin Simbolon mengapresiasi perhatian pemerintah pusat. "Atas perhatian Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, yang telah mengutus staf khusus untuk melakukan survei jalan ini secara keseluruhan, mudah-mudahan untuk pembangunannya dapat terealisasi dan semoga terwujud," tutup Rapidin.
Sebagai untuk diketahui, jalan lingkar pulau Samosir (inner ring road) sepanjang kurang lebih 125 km, kini sedang ditangani menjadi jalan Nasional dengan lebar rata-rata 14 meter. Dulunya jalan ini dibawah pengelolaan provinsi Sumatera Utara, sehingga jalan provinsi di Samosir saat ini sudah nol km.  
Mengingat itu semuanya, Bupati Samosir pada perayaan hari jadi tgl 27/3 yang lalu meminta dan mengusulkan kepada Gubernur agar jalan kabupaten dapat dialihkan menjadi jalan provinsi, dan anggarannya Samosir akan dipakai sendiri untuk menangani jalan kecamatan dan jari-jari jalan terutama di pulau Samosir.(Polim)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung