22.368 Penduduk Kabupaten Nias tidak Miliki Jaminan Kesehatan



22.368 Penduduk Kabupaten Nias tidak Miliki Jaminan Kesehatan

Gunungsitoli (Mimbar)

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM menyebutkan dari 153.240 jiwa penduduk Kabupaten Nias,  22,368 jiwa atau 13,42 % di antaranya belum memiliki Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Hal itu disampaikannya pada kunjungan kerja Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI dr Bambang Wibowo, Sp.OG.(K) MARS di Rumah Sakit Umum Gunungsitoli, Jalan Ciptomangun kusumo, Kota Gunungsitoli, minggu lalu.

Bupati menjelaskan bahwa 86,58 % atau sebanyak 132.675 jiwa telah memiliki jaminan kesehatan. Dari jumlah itu sebanyak 18 persen atau 23.885 jiwa diantaranya dibiayai melalui program Jamkesmas Kabupaten Nias sejak Mei 2017 lalu dengan anggaran Rp. 8 miliar yang terintegrasi dengan BPJS.

Penyelenggaraan Jamkesmas Pemkab Nias itu dilakukan untuk memberi jaminan kesehatan bagi penduduk Kabupaten Nias yang belum tercover melalui PBI Pusat dan PBI Propinsi Sumatera Utara, khususnya masyarakat tidak mampu.

Drs. Sokhiatulo Laoli, MM mengatakan pelayanan kesehatan kepada mereka yang belum mendapatkan Jamkesmas sangat minim. Ia berharap pemerintah pusat bersedia menanggulangi biaya Jamkesmas ini mengingat keuangan daerah yang sangat terbatas.
Bupati juga mengeluhkan minimnya pelayanan kesehatan akibat tidak tersedianya tenaga medis di berbagai level, terutama dokter spesialis. (sam)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung