Pemprovsu Jadwalkan Pelantikan Wakil Bupati Simalungun Terpilih


Pemprovsu Jadwalkan Pelantikan Wakil Bupati Simalungun Terpilih

Medan, (Mimbar) - Pelantikan Wakil Bupati Simalungun terpilih Ir Amran Sinaga, M.Si yang sempat tertunda dijadwalkan pada Kamis tanggal 2 Februari 2016. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 131.12-85 tahun 2017, tentang Pengangkatan Wakil Bupati SimalungunProvinsi Sumatera Utara.

Demikian terungkap dalam Rapat Persiapan Pelantikan wakil Bupati Simalungun yang dipimpin Assisten Administrasi Pemerintahan Setda Provsu H Jumsadi Damanik, di Kantor Gubsu, Jumat (27/1). Hadir Sekda Simalungun Gidion Purba, Plt Kepala Biro Otda Basarin Y Tanjung dan lain lainnya.

Ir Amran Sinaga sedianya dilantik besamaan dengan Bupati Simalungun DR JR Saragih pada 22 April 2016 lalu. Jumsadi Damanik menjelaskan, sebagaimana diketahui bahwa hasil pemilukada serentak tahun 2015 yang lalui, pasangan DR JR Saragih, SH, MM dan Ir Amran Sinaga, M.Si memenangkan pemilihan dimaksud.

“Namun Karena permasalahan hukum yang belum inkrah atau selesai, Wakil Bupati Simalungun terpilih belum dapat dilantikbersamaan dengan pelantikan Bupati Simalungun pada 22 April 2016 yang lalu,” jelas Jumsadi Damanik.

Dalam prosesnya, permasalahan tersebut telah selesai dan Amran Sinaga telah bebas setelah Mahkamah Agunng (MA mengabulkan Peninjauan Kembali  atas putusa MA. “Untuk itu Menteri Dalam Negeri RI telah menerbitkan Keputusan Nomor 131.12-85 tahun 2017, tentang pengagkatan Wakil Bupati SimalungunProvinsi Sumatera Utara,” jelas Jumsadi. Selanjutnya Keputusan Mendagri dimaksud meminta Gubernur Sumatera Utara untuk melaksanakanpengambilan sumpah jabatan dan pelantikan wakil bupati Simalungun Provinsi Sumatera Utara.

“Sesuai petunjuk Bapak Gubsu, Pelantikan Wakil Bupati Simalungun terpilih direncanakan pada hari Rabu, tangggal 2 Februari 2017,” kata Jumsadi. Terkait hal tersebut pihaknya menggelar rapat dengan Pemkab Simalungun untuk membahas berbagai hal yang  perlu dipersiapkan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung