Gubsu Erry : Karang Taruna Sub Sistem Pembangunan Desa


Gubsu Erry: Karang Taruna Sub Sistem Pembangunan Desa


Medan, (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu)  HT Erry Nuradi mengapresiasi terlaksananya Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) ke-56 dan Expo Karang Taruna Tingkat Propinsi Sumatera Utara tanggal 20-22 Desember 2016 di Kota Medan.

"Jika dilihat dari konteks program dan kegiatan, Karang Taruna merupakan sub sistem pembangunan desa, dimana Karang Taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan akan menjadi pilar kekuatan masyarakat yang berperan langsung sebagai insan pembangunan di bidang kesejahteraan sosial baik di desa maupun kelurahan," sebut  Erry pada puncak Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) dan sekaligus Pameran Expo Karang Taruna tingkat Provinsi Sumut di  lapangan Benteng Medan, Kamis (22/12/2016).

Hadir disitu Ketua Karang Taruna Sumut Solahuddin Nasution, Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin,  Unsur FKPD Provsu, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, pimpinan SKPD Provsu diantaranya Kadis Sosial Rajali, Kadiskanla Zonny Waldi, Kadispora, dan Staf Ahli Aspan Sofyan Batubara serta ribuan pengurus dan kader Karang Taruna se-Sumut.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry mengatakan kegiatan BBKT dan Expo 2016 melibatkan unsur pemerintah, masyarakat dan relawan sosial lainnya. Hal ini mencerminan hubungan yang harmonis diantara sesama karang taruna serta berbagai organisasi kepemudaan lainnya dalam rangka memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

Seiring dengan itu, lanjut Gubsu, Karang Taruna juga dituntut lebih dinamis dalam menghadapi perkembangan karena berbagai permasalahan sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat tentunya dibutuhkan tangan-tangan terampil dan profesional. Oleh karena itulah Karang Taruna diharapkan menjadi ujung tombak dan garda terdepan dalam mendukung dan memberhasilkan pembangunan kesejahteraan sosial yang sangat  dibutuhkan saat ini.

Sebagaimana diketahui bersama BBKT juga dilaksanakan dengan Expo Karang Taruna 20-22 Desember 2016. Pameran Expo ini adalah hasil dari tangan-tangan terampil dan karya dari Karang Taruna baik dari Desa dan Kelurahan di seluruh Kabupaten Kota di Sumut. Oleh karena itu Expo ini, untuk mempromosikan hasil produk-produk unggulan Karang Taruna. "Oleh karena itu berharap agar kualitas dari produk yang dihasilkan Karang Taruna tidak kalah bersaing dengan produk produk pabrik ternama," papar Erry.

Acara juga dirangkai dengan Penyerahan Piagam Aditya Karya Mahatva Yoda diberikan 51 orang dan Kategori Purna Bakti Utama Karang Taruna Tingkat Provsu diberika kepada 29 orang sebagai apresiasi terhadap dukungan yang disampaikan kepada warga Karang Taruna di daerahnya masing-masing.

Penghargaan ini dilakukan dalam upaya memotifasi kepada warga Karang Taruna agar lebih meningkatkan pengabdian dan kepedulian sosialnya ditengah-tengah masyarakat. "Untuk itu atas nama Pemprovsu saya menyampaikan selamat semoga pengabdian ini akan lebih ditingkatkan lagi pada masa-masa yang akan datang,"tegas Gubsu Erry.

Sementara Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara H Sholahuddin Nasution SE MSi menjelaskan pemberian bantuan kepada kelompok usaha bersama karang taruna. Bantuan tersebut berupa stimulan untuk usaha ekonomi produktif karang taruna, bantuan alat-alat usaha, bantuan benih ikan dan bantuan lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung