Upacara Peringatah ke-71 Detik-detik Proklamasi di Sumut Khidmat


Upacara Peringatah ke-71 Detik-detik Proklamasi di Sumut Khidmat

Gubsu : Momentum Bersama Perbaiki Sumut

Medan, (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi  bertindak selaku inspektur Upacara Peringatan ke-71  Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia tahun 2016 Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (17/8). Upacara yang disaksikan ribuan warga masyarakat Kota Medan dan sekitarnya berlangsung khidmat dan tertib.

Gubsu kepada wartawan mengatakan hari Kemerdekaan merupakan momentum bagi Sumut untuk bangkit dari berbagai persoalan. “Ini adalah momentum keangkitan Provinsi Sumatera Utara, apalagi Sumut saat ini masih dalam sorotan, ini momentum yang tepat untuk memperbaiki diri kita masing-masing untuk mewujudkan Sumut yang lebih baik dan sejahtera.

Seluruh elemen masyarakat Sumatera Utara menurutnya harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan demi kemajuan Provinsi Sumatera Utara. “Perbedaan adalah rahmat, keberagaman adalah kekuatan Sumatera Utara, mari terus kita jaga persatuan dan kesatuan,” ujar Gubsu.

Kepada generasi muda, Gubsu berpesan untuk selalu mengobarkan semangat nasionalisme dan semangat untuk meneruskan perjuangan para penahulu. “Kita harus teruskan cita-cita perjuangan para founding fathers, untuk mencapai tujuan masyarakat adil,makmur dan sejahtera,” imbuh Gubsu.

Dia juga menghimbau sluruh masyarakat Sumatera Utara bergembira untuk meriahkan HUT RI baik melalui kegiatan formal maupun berbagai keiatan lainya. “Berbagai olahraga tradisional yang unik dan biasa dilaksanakan perayaan hari kemerdekaan perlu terus dilakukan di lingkungan kita untuk menyemarakkan hari kemerdekaan,” katanya.

Pelaksanaan upacara diawali dengan memperdengarkan sirine selama satu menit tepat pukul 10.00 wib sebagai peringatan detik-detik proklamasi yang terjadi 71 tahun silam.  Upacara dikomandani Letkol Infantri Difik Efendi yang menjabat Komandan Batalyon Raider 100 Prajurit Setia, alumni Akmil tahun 1999.

Selanjutnya , dilakukan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara  dan mengheningkan cipta. Kemudian Kakanwil Kemenag Sumatera Utara membacakan doa dan dilanjutikan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Provinsi Sumatera Utara.

Kelompok Utama Pasukan Pengibar Bendera Provinsi Sumatera Utara di pimpin Komandan Pasukan Letda Inf Irwan Yudha  berasal dari Satuan Batalyon Infantri Raider 100 Prajurit Setia. Sedangkan Komandan Pengibar bendera adalah Gabriel Maruli Siregar asal SMA Swasta Unggul DEL, Balige.

Pembawa baki bendera adalah  Ririn Fatma Tampubolon asal SMAN 5 Pematang Siantar dan H Sofia N Simanjuntak asal SMAN 2 Balige.bertugas sebagai pengibar bendera Merah Putih adalah Syafri Kesuma Wardhana asal SMAN 2 Medan, Cristian Sidabutar asal SMA Plus Efarina Simalungun dan Norgansyah Silalahi asal SMA Methodist Pematang Siantar.

Upacara diikuti oleh peserta upacara yang terdiri pelajar, TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, organisasi kepemudaan dan masyarakat. Hadir unsur FKPD diantaranya Pangdam I BB, Kapolda Sumut, Kajati Sumut, konsul jenderal negara-negara sahabat, tamu dan undangan.

Ribuan warga menyaksikan upacara peringatan detik-detik proklamasi di Lapangan Merdeka Medan. Warga berkumpul sejak pagi mengitari area upacara untuk menyaksikan upacara dan pengibaran bendera merah putih.
Warga masyarakat juga terlihat antusias menyaksikan atraksi genderang oleh gabungan anggota TNI Polri. Atraksi yang mengkombinasikan permaianan alat musik tetabuh dan angklung  dari berbagai daerah melambangkan sinergitas TNI dan Polri.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung