Finalis Sumut Tampil Mengagumkan di MTQN ke-26 NTB

Finalis Sumut Tampil Mengagumkan di MTQN ke-26 NTB

Medan, (Mimbar) - Finalis dari Kafilah Sumatera Utara (Sumut) Cabang Tafsir Bahasa Inggris Putera Alwinsyah Dalimunthe tampil mengagumkan pada final cabang tersebut, Jumat (5/8).

Alwinsyah Dalimunthe putera Labuhanbatu Utara yang memperkuat Kafilah Sumut ini berhasil menyelesaikan pertanyaan maupun membaca Ayat Suci Al Quran dengan baik.

Penampilan Alwinsyah yang saat ini menuntut ilmu pasca sarjana atau S-2 di Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al Quran (STAIPIQ) Padang Sumbar ini ikut mengharumkan nama Sumut.

Alwinsyah Dalimunthe berhasil lolos ke babak final setelah melalui perlombaan yang cukup ketat di cabang ini diikuti seluruh perwakilan kafilah propinsi se-Indonesia. 

Alwinsyah yang pernah menuntut ilmu 30 Juz Al Quran di Pesantren Darul Ulum Sumatera Utara ini tampil mengagumkan di Gedung Sangkareang Kota Mataram Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu pengunjung yang menyemarakkan MTQN ke-27 di Kota Mataram memang luar biasa dan hampir semua lokasi perlombaan terutama di arena utama di Islamic Center kota itu dipadati pengunjung.

Lokasi-lokasi lainnya yang digelar serangkaian Musabaqah ini juga dipenuhi masyarakat seperti Pameran Peradaban Islam (PPI), NTB Expo, Pekan Hortikultura NTB dan Bazaar Musabaqah Tilawatih Quran (MTQ) Nasional ke 26.

Masyarakat yang datang dari berbagai kalangan terlihat menyemut lantaran lokasi pameran sangat strategis yakni, berada di sebalah utara venue utama MTQN di Komplek Islamic Center (IC) Kota Mataram.

Pengunjung yang datang terdiri dari pelajar, mahasiswa, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga masyarakat umum. Stan yang ada terlihat dipadati pengunjung dari berbagai kalangan umur itu, termasuk stand Provinsi Sumatera Utara.

Koordinator Pameran, Ir. Hj. Budi Septiani, mengatakan membludaknya para pengunjung dipicu semua daerah di Indonesia mengeluarkan produk dan jasa, UMKM, dan potensi unggulan mereka. Selain itu, pihak perbankan, BUMN/BUMD, hingga SKPD Pemprov serta 10 pemda di NTB menjajakan berbagai aneka kuliner Nusantara dan Lombok Sumbawa hasil kreasi mereka.

“Yang jelas, harga di pameran kali ini relatif murah bila dibandingkan harga di pasaran. Sehingga, masyarakat terus berdatangan tiap harinya,” ungkapnya seraya menambahkan stand pameran NTB Ekspo yang ada mencapai 272 stand dengan jumlah stand NTB Ekspo mencapai 61 buah.

“Para peserta pameran berasal dari kementerian, lembaga Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se Indonesia, BUMN, BUMD dan UMKM,” kata Budi.

Pameran juga diisi dengan pameran peradaban Islam yang bertujuan sebagai sarana edukasi syiar Agama Islam itu guna mengetahui lebih banyak tentang peradaban Islam di Nusantara khususnya di Provinsi NTB. “Kegiatan pameran dan bazar selain diselenggarakan di Islamic Center juga di Lombok barat, Lombok tengah dan Lombok Epicentrum Mall,” ujar Budi.

Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Dr. H. Rosiady Sayuti, mengharapkan kegiatan pameran berjalan meriah dan sukses. Sebab, banyak variasi kegiatan di ajang MTQ Nasional ke 26 di provinsi NTB. “Yang jelas di setiap stand menyajikan berbagai macam lomba yang bisa diikuti oleh semua lapisan masyarakat,” kata Rosiady. RUL.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung