Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi Ditabalkan Marga "Hasibuan"




Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi  Ditabalkan Marga "Hasibuan"

Sibuhuan, (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara Ir Tengku Erry Nuradi mendapat  marga kehormatan dan ditabalkan bermarga "Hasibuan" dari tokoh adat dan raja-raja luhat di Kabupaten Padang Lawas (Palas) 

Penobatan marga itu dilakukan dalam acara adat yang digelar secara khusus sebagai rangkaian kegiatan pengukuhan atau deklarasi Parsadaan Hasibuan "Pahae Barumun Pahulu Sosa" yang digelar di Lapangan Merdeka Sibuhuan , Minggu ( 28/8)  

Prosesi adat sangat kental terasa dalam acara ini. Mulai dari penyambutan gubernur, hingga akhirnya acara yang dikenal mangupa (jamuan) dengan potongan kepala kerbau terhidang di samping nasi yang sudah disiapkan. Penobatan marga Hasibuan itu dilakukan bersamaan dengan pemasangan topi adat Tapanuli Selatan serta kain sarung warna kuning yang dikenakan kepada Gubernur Sumut Ir. Tengku Erry Nuradi Hasibuan yang telah resmi menyandang marga kehormatan yang diberikan Raja Luat Hasibuan Kabupaten Padang Lawas ( Palas )   "Bapak gubernur sah bermarga Hasibuan," kata seorang tokoh adat saat penobatan itu, yang dilakukan di acara penyambutan. 

Nuansa adat lebih terasa lagi saat akan mengiring gubernur ke "Bagas Godang" untuk acara mangupa. Sebelum digiring ke Bagas Godang yang saat itu digunakan Pasanggarahan sebagai tempatnya, gubernur juga ikut menortor bersama tokoh-tokoh adat dan juga Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD). 

"Terima kasih, saya sudah diberi marga Hasibuan. Mudah-mudahan, silaturahmi kita terjaga," kata Gubernur Tengku Erry Nuradi sembari menyebut sudah keempat kalinya ke Padang Lawas dan bertekad akan menjadi Gubernur paling sering berkunjung ke daerah ini. 

Pengukuhan Parsadaan Marga Hasibuan ini sendiri merupakan pertama kalinya di Padang Lawas. Bahkan, oleh tokoh-tokoh Hasibuan, ini baru pertama kalinya dilakukan setelah 600 tahun warga bermarga Hasibuan tercerai berai di berbagai penjuru negeri. 

Saat ini, Parsadaan Marga Hasibuan yang diberi nama Parsadaan Hasibuan Pahae Barumun Pahulu Sosa diketuai Irfan Suaduon. Saat itu, pelantikan dilakukan di depan gubernur, yang dilantik oleh tiga dewan pembina, yakni Sutan Sodoguron, Sarmadan Hasibuan dan Imran Joni Hasibuan. 

Usai acara, digelar makan bersama, baik undangan maupun ribuan warga yang hadir. Ternyata, acara ini sendiri tidak hanya dihadiri oleh warga Hasibuan, tapi juga dihadiri anak borunya Marga Daulay. Diperkirakan, tiga ribu orang lebih warga yang hadir pada saat Deklarasi dan pengkuhuan Persadaan Hasibuan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung