Wagubsu Ajak Lestarikan Budaya Melayu Melalui Kuliner Khas

Wagubsu Ajak Lestarikan Budaya Melayu Melalui Kuliner Khas 

Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi,M.Si menyambut baik rencana Lembaga Konsorsium Melayu Bersatu yang bertujuan melestarikan budaya Melayu diawali dengan kuliner khasnya,

Hal itu dikatakannya saat menerima audiensi Lembaga Konsorsium Melayu Bersatu di ketuai DR H. M Isa Indrawan SE. MM disertai Sekretaris Ir Tengku Muchairad F, serta Tengku I. Richard Wakil Sekretaris, Bakti Alamsyah Wakil Ketua LKMB, juga Hj Fatmawaty T SH Bendahara LKMB dan Emil Budian Wakil Bendahara, di ruang kerjanya Kantor Gubernur Sumut Jl. Diponegoro Medan, Selasa (13/1).

Wagubsu Ir HT Erry Nuradi MSi yang didampingi Drs. Muhammad dari Badan Kesbanglinmaspol, Hj Rosmidar Kabid  Diskominfo , Wagubsu berpesan agar ke depan LKMB tak hanya mampu melestarikan budaya melayu melalui kuliner juga adat istiadat kebudayaan yang mulai memudar . Juga bisa merangkul seluruh kalangan yang berada yang berada di daerah-daerah masyarakat Melayu di kabupaten/kota di Sumut. 

"Melalui LKMB bisa dijadikan tonggak bangkitnya pelestarian budaya melayu di tanah deli khususnya. Selain itu agar suku melayu juga bisa merangkul suku di daerah ini seperti Tapsel bahkan Minang," paparnya

Sementara Ketua LKMB mengatakan tujuan dibentuknya lembaga ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melayu diawali melalui kuliner seperti bubur pedas dan lainnya.

Untuk itu dengan memanfaatkan lahan tanah adat Melayu sekitar 1,8 hektar di Jalan Brigjen Katamsa di samping bekas taxi Poltax, nantinya akan buka  dibuat tempat Food court menampilkan berbagai kuliner Melayu ,namun juga menampilkan kuliner daerah lainnya seperti Minang dan Tapsel.

"Umumnya di Medan khusus kita menemui rumah makan Minang Melayu, untuk itu kita ingin membuat wadah khusus menyajikan segala macam kuliner asli Melayu,"kata Isa.

Selain itu kedepan nantinya di tempat itu akan menampilkan berbagai kegiatan berbau melayu seperti kerajinan melayu, seni budaya melayu hingga balai pertemuan Melayu.

Sehingga budaya melayu tak hanya dikenal melalui seni budaya melainkan kerajinan hingga kuliner yang semakin langka ditemui di daerah ini.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung