Hasban Ritonga Dilantik Jadi Sekdaprovsu



Hasban Ritonga Dilantik Jadi Sekdaprovsu

Medan (Mimbar) - Inspektur Provinsi Sumut H Hasban Ritonga SH akan dilantik sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) pekan depan menggantikan H Nurdin Lubis SH MM yang telah purnabakti.

Meski Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi secara resmi belum mengumumkan nama Sekdaprovsu baru sesuai Keppres Presiden namun secara eksplisit nama Hasban tidak diragukan lagi.

Usai pertemuan dengan Sekretariat Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Kantor Gubernur, Jumat (9/1) Gubsu ketika dikonfirmasi mengemukakan Insya Allah (Dilantik) pekan depan. "(Bisa) Senin, Selasa, Rabu, Kamis, atau Jumat," katanya.

Gubernur Gatot mengisyaratkan bahwa Sekda yang terpilih dari tiga nama yang diusulkan ke Tim Penilaian Akhir adalah Kepala Inspektorat Hasban Ritonga.

"Ya kan di SK-nya (surat keputusan) begitu," ujarnya saat wartawan menanyakan apakah betul Hasban Ritonga yang ditunjuk sebagai Sekda.

Sebelumnya, saat meresmikan pembangunan Masjid Ar-Rahmah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut di Jl. Sutomo Ujung Medan, Gatot mengatakan, seorang sekda harus bisa memimpin jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemprov Sumut sehingga SKPD mampu merancang atau membuat program.

Sebab pada akhir 2018 mendatang, capaian visi dan misi yang diformulasikan pemprov dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dapat tercapai.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumut Pandapotan Siregar membenarkan bahwa Keppres penunjukan Sekda Pemprov Sumut sudah sampai.

"Sudah. Sudah kita terima kok SK-nya," ujarnya. Pihaknya juga akan segera menjadwal pelantikan Sekda baru sebagai sekda definitif.

"Pasti segera kita jadwalkan. Mungkin setelah ini Gubernur akan memanggil saya untuk menyampaikan hal itu. Biarkan kami bekerja dulu," kata Pandapotan.

Hasban masih enggan menanggapi soal terpilihnya dia sebagai Sekda Pemprov.

"Sampai sekarang, Sekda masih Pak Hasiholan Silaen," katanya.

Hasban mengaku belum mengetahui adanya Keppres yang mengangkat dirinya sebagai Sekda Provinsi Sumut.

"Saya belum tahu soal pengangkatan itu. Saya juga belum melihat atau menerima Keppres itu. Apalagi soal pelantikan, belum ada saya tahu," ujarnya.

Hasban Ritonga yang pernah menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu merupakan satu dari tiga calon yang diusulkan Gubsu bersama Sekretaris DPRD Sumut H Randiman Tarigan dan Kepala Bappeda Sumut H Arsyad Lubis.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung