PRESIDEN TOLAK TIGA CALON SEKDA PROVSU



PRESIDEN TOLAK TIGA CALON SEKDA PROVSU

Medan (Mimbar) - Tiga calon Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara yang diusulkan Gubsu Gatot Pujo Nugroho ke Mendagri ditolak. Penolakan itu dilakukan Tim Penilai Akhir (TPA) calon Sekda Provinsi yang bertanggungjawab pada presiden.

Hal ini dibenarkan Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Dodi Riyatmadji saat dihubungi, Selasa (6/1) sore. Dia tidak mau menjelaskan alasan penolakan tersebut secara rinci. Intinya, karena rekam jejak (track record) ketiga calon. "Saya tidak bisa terlalu jauh menjelaskan. Tapi, nama-nama tersebut ditolak. Ya, tentunya karena melihat track record," katanya saat dihubungi, Selasa (6/1).

Ia mengaku, sebenarnya keputusan penolakan tersebut sudah 10 hari keluar. Hanya saja, dia tidak mengetahui apakah Gubsu Gatot Pujo Nugroho dapat laporan. Begitupun, katanya, dia sudah mengomunikasikan dengan Plt Sekda Provsu Hasiolan Silaen.

Menyikapi ini, katanya, Pemprov Sumut diharapkan segera berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri. Koordinasi dimaksud apakah terkait pengusulan ulang calon Sekda Provinsi untuk mengganti calon yang ditolak.

Gubsu Gatot Pujo Nugroho ditanya informasi ini tampak terkejut. Dia mengaku tidak mau mengomentari terlalu jauh. "Soalnya, secara resmi informasinya belum saya terima. Jadi saya tidak mengomentari terlalu jauh. Informasi ini akan segera saya tindaklanjuti," ucap Gubsu.

Ditanya lebih lanjut apakah Gubsu merasa kecewa dengan penolakan tersebut dan apakah sudah ada rencana penggodokan ulang calon sekda, Gatot hanya menjawab politis. "Jika itu untuk perbaikan, harus kita ikuti. Intinya untuk perbaikan. Hari ini harus lebih baik dari kemarin," tegasnya.

Sebagaimana diketahui kursi Sekda yang ditinggalkan Nurdin Lubis sejak pensiun Oktober 2014, 'diperebutkan' oleh tiga pejabat senior yang sudah diusulkan Gubsu ke Kemendagri. Ketiga calon itu masing-masing Sekretaris DPRD Sumut Randiman Tarigan, Kepala Inspektorat Hasban Ritonga, dan Kepala Bappeda Arsyad Lubis.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung