Tambang Emas Martabe dan Dinas PU Tapsel Perbaiki Jalinsum di Batangtoru











Tambang Emas Martabe dan Dinas PU Tapsel
Perbaiki Jalinsum di Batangtoru

Batangtoru (Mimbar) 6 Januari 2015 – Untuk memperlancar arus lalu lintas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Batangtoru, Tambang Emas Martabe bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum Tapanuli Selatan melakukan perbaikan jalan sepanjang 520 meter, mulai 14 sampai 24 Desember 2014.

Perbaikan dilakukan di (4) empat titik di Kelurahan Aek Pining, dan 1 (satu) titik di Kelurahan Garoga. Di Kelurahan Aek Pining perbaikan yang dilakukan berupa pengerasan dan pengaspalan, masing-masing 60 meter di depan Bengkel Mobil Trac, 80 meter di depan SMAN 1 Batangtoru, 60 meter di depan PTPN III, 120 meter di depan Jalan Baru, dan sisanya 200 meter berada di Kelurahan Aek Garoga berupa pengerasan jalan.

Dalam pekerjaan ini, Dinas Pekerjaan Umum Tapanuli Selatan bertindak sebagai perencana, pengawas teknis, pengawas di lapangan untuk memastikan pekerjaan pengerasan dan pengaspalan jalan sesuai dengan standar jalan umum. Untuk pengadaan bahan-bahan material pengerasan jalan dan pengadaan aspal dilakukan oleh kontraktor lokal.  Pekerjaan ini merupakan bagian dari rangkaian program pengembangan masyarakat Tambang Emas Martabe, dimana Departemen Hubungan Masyarakat (Community Relations) dan Pengembangan Masyarakat (Community Development) melakukan pengawasan kualitas pekerjaan dari awal hingga selesai.

Selama 10 (sepuluh) hari kerja pengerasan dan pengaspalan, biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 758.700.510;-

Stevi Thomas, Deputi General Manager General Affairs Tambang Martabe mengatakan: “Jalan Lintas Sumatera yang berada di sekitar lokasi Tambang Emas Martabe merupakan jalan utama bagi warga desa lingkar tambang Martabe dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Dengan selesainya pekerjaan pengerasan dan pengaspalan jalan ini, kondisi Jalan Lintas Sumatera semakin membaik, Tambang Emas Martabe berharap warga juga semakin lancar menjalankan kegiatannya sehari-hari”.

Sebelumnya pada 2013, Tambang Martabe telah memberikan bantuan berupa lampu penerangan jalan di 81 titik di Kecamatan Batangtoru. Program ini dilanjutkan pada 2014 dengan memasang lampu penerangan jalan di 132 titik di sepanjang jalan utama Kecamatan Batangtoru dan merelokasi 41 titik lampu penerangan jalan ke jalan desa. Biaya yang diperlukan untuk pemasangan lampu penerangan jalan ini sebesar Rp 324.678.250. Perencana teknis dan pengawasan untuk pekerjaan ini dilakukan oleh Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Tapanuli Selatan.

Sekilas Tambang Emas Martabe 

Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Propinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("CoW") yang ditandatangani April 1997. Tambang Emas Martabe kini telah memiliki sumberdaya 8,1 juta ounce emas dan 73,8 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak berbiaya rendah.

Pemegang saham Tambang Emas Martabe adalah G-Resources Group Ltd sebesar sembilanpuluh lima  persen, dan pemegang 5 persen saham lainnya adalah PT Artha Nugraha Agung, yang tujuhpuluh persen sahamnya dimiliki Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan 30 persen dimiliki oleh Pemerintah Propinsi Sumatra Utara. 

Sekitar 2.500 orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, tujuh puluh persen direkrut dari masyarakat di empat belas desa di sekitar tambang.

Martabe akan menjadi standar acuan bagi G-Resources untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia dan di wilayah lainnya, dan terus bertumbuh dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja, kelestarian lingkungan, dan pengembangan masyarakat.  Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi situs www.g-resources.com

Untuk interview dan informasi lain, hubungi:
Katarina Siburian Hardono
Senior Manager Corporate Communications
M +62 811 9005146 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung