Gubsu Lantik Hasban Hari Ini


Gubsu Lantik Hasban Hari Ini

Medan (Mimbar) – Gubernur Sumut (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSi akan melantik Inspektur Provinsi Sumut H Hasban Ritonga SH menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) hari ini (Rabu, 14/1) menggantikan H Nurdin Lubis SH MM yang telah purnabhakti sejak Nopember 2014 lalu.

Gubsu H Gatot Pujo Nugroho maupun Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut H Pandapotan Siregar hingga kemarin sore belum memberikan penjelasan resmi namun berbagai persiapan sudah terasa sehingga banyak pihak di Pemprovsu yakin pelantikan itu berlangsung hari ini di Aula Martabe Kantor Gubsu, diperkiarakan pukul 11.30 WIB.

“Memang penjelasan resmi belum ada, namun persiapan kayaknya sudah matang,” ujar beberapa pejabat penting yang sudah memiliki kepiawaian dalam mendeteksi fenomena-fenomena berkembang terkait proses penggantian Sekdaprovsu yang agak alot ini.

H Hasban Ritonga SH (57 tahun) berpangkat Pembina Utama Madya (IV/D) saat ini Inspektur Provinsi Sumut terpilih menjadi Sekdaprovsu setelah namanya masuk dalam tiga nama yang diusulkan Gubsu kepada Presiden bersama Kepala Bappeda Sumut DR Drs H Arsyad Lubis MM dan Dsekretaris DPRD Sumut Drs H Randiman Tarigan MAP.

Hasban Ritonga yang merupakan birokrat matang dan awalnya ditempa di jajaran Departemen Penerangan atau dikenal sebagai asal “NIP kosong lima” telah mengenyam pendidikan formal maupun pendidikan kepemimpinan, fungsional dan teknis. Beliau adalah alumni Fakultas Hukum USU atau adik kelas dari mantan Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH MM.

Di bidang birokrasi dirintisnya dari bawah sejak masih ada eselon V antara lain Kasubsi Ceramah Diskusi di Kanwil Deppen, berjenjang ke eselon IV/b, IV/a, pernah Kakan Departemen Penerangan (Deppen) Labuhanbatu dan Kadis Kominfo Labuhanbatu. Telah menduduk lima jabatan eselon II antara lain Sekda Labuhanbatu, Assisten Administrasi Umum Pemprovsu dan kini Inspektur Provinsi Sumut.

Para pejabat maupun kalangan birokrat Kantor Gubsu optimis dengan telah ditetapkan dan dilantiknya Sekdaprovsu definitif ini proses pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Sumut akan lebih baik lagi mengingat peran sekretaris daerah (Sekda) sangat strategis. Mereka juga optimis Hasban selaku sekda baru akan menjalankan tugasnya secara profesional. 

“Membina aparat di bawahnya, merupakan bagian dari tugas seorang sekda, sehingga pelaksanaan pemerintahan berjalan dengan baik dan terkoordinasi,” ujar salah seorang pejabat yang tergolong senior di Pemprovsu.

Sekretaris daerah memang bertanggungjawab membina aparatur di bawahnya. Selain itu juga berperan dalam mengharmonikan dan mendorong implementasi kebijakan pembangunan yang digariskan kepala daerahnya. Sehingga pemerintahan berjalan sesuai yang diharapkan. Jadi jelas bahwa sekda memiliki peran strategis dalam sebuah pemerintahan daerah.

Selain itu Sekda merupakan jabatan karir tertinggi bagi seorang pegawai negeri sipil. Selain membantu kepala daerah menyusun program pembangunan dan mengoordinasikan dengan satker, seorang sekda menjalankan fungsi  pengawasan terhadap kebijakan, pembinaan administrasi dan pembinaan terhadap aparatur  daerah dan menjalankan tugas lain yang diberikan oleh gubernur.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung