Presiden Pilih Sekdaprovsu Nomor Urut 2 atau 3



Presiden Pilih Sekdaprovsu Nomor Urut 2 atau 3
Calon nomor 1 ditolak TPA yang diketuai Wapres

Medan (Mimbar) – Presiden RI telah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengangkatan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) yang baru menggantikan Nurdin Lubis yang telah purnabakti. Keppres tersebut menghunjuk nama calon nomor urut 2 atau 3, karena nomor urut 1 yang terakhir diusulkan Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ke Mendagri ditolak oleh Tim Penilai Akhir (TPA).

Meski Gubsu hingga kemarin (7/1) belum memberi penjelasan rinci, namun Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjawab wartawan melalui pesan singkat mengatakan pihaknya sudah menerima salinan Keppres dimaksud. Hanya saja beliau belum membeberkan nama yang tercantum dalam Keppres itu.

“Nama Sekdaprovsu sudah keluar Keppresnya Senin kemarin ditetapkan Presiden Joko Widodo,” jelasnya seraya menambahkan Keppres itu sudah dikirim kepada Gubsu dan dia mengaku hadir langsung pada sidang TPA dalam membahas 3 nama calon Sekdaprovsu yang diusulkan Gubernur Sumut. "Sudah dipilih dan diputuskan satu orang dari 3 orang yang diusulkan menjadi Sekdaprovsu," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Dodi Riyatmadji ketika di konfirmasi via selular oleh wartawan. Dia meluruskan informasi sebelumnya mengatakan adanya penolakan ketiga nama calon yang diusulkan oleh Gubsu, melainkan yang ditolak adalah hanya satu nama.

"Tidak semua ditolak usulan calon Sekdaprovsu dari Gubsu, namun dari ketiga nama yang diusulkan, hanya satu nama ditolak oleh TPA," ucapnya.

Artinya, lanjutnya, salah satu dari kedua nama yang diterima ditetapkan sebagai Sekdaprovsu. "Satu dari dua nama yang tidak ditolak telah ditetapkan menjadi Sekdaprovsu," ucapnya.

Namun ketika ditanya wartawan, siapakah nama Sekdaprovsu, dia mengatakan untuk menyebut namanya itu bukan tupoksinya. "Itu bukan tupoksi abang untuk memberitahukan siapa nama Sekdaprovsu terpilih," terangnya.

Sementara itu informasi yang beredar, perkembangan terakhir dari tiga nama yang terus dikomunikasikan oleh Gubsu dengan pihak Depdagri akhirnya dari ketiga nama yang dikirim tersusun menjadi nama nomor urut 1, nomor urut 2 dan nomor urut 3.

Komposisi nomor urut ini kemungkinan tidak sama persis lagi dengan nomor urut saat pengajuan nama pada awalnya ketika dikirim karena ditengarai nomor urut itu berdasarkan prioritas yang diinginkan oleh ‘user’.

Informasi yang berkembang nomor urut 1 posisi terakhir inilah yang ditolak oleh TPA yang diketuai Wapres sehingga akhirnya Presiden memilih calon nomor urut 2 atau 3 namun hingga kemarin nama-nama sesuai nomor urut tersebut belum terungkap jelas, sebab Gubsu belum bersedia memaparkan siapa yang perkembangan terakhir menduduki posisi nomor urut 1, 2 atau 3.

Ketiga calon itu (bukan berdasarkan nomor urut) masing-masing Sekretaris DPRD Sumut Randiman Tarigan, Kepala Bappeda Arsyad Lubis dan Kepala Inspektorat Hasban Ritonga. 

Sementara itu Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumut mengaku belum menerima salinan Keputusan Presiden (Keppres) terkait pendefenitifan sekretaris daerah provinsi dari Kemendagri. "Belum ada kita terima," ucap Kepala BKD Provsu Pandapotan Siregar kepada wartawan di Kantor Gubsu, Rabu (7/1).

Begitu pula soal pernyataan Mendagri Tjahyo Kumolo yang menyatakan telah menerima salinan surat Keputusan Presiden dan akan langsung dikirimkan ke Gubernur Sumatera Utara, dia mengaku belum ada diterima pihaknya. Dengan begitu pihaknya belum dapat memastikan kapan pelantikan sekda definitif.  "Sejauh ini belum ada informasi tersebut kita terima," bebernya.

Pasca adanya berita penolakan tiga calon Sekdaprovsu oleh Presiden Joko Widodo, kalangan pejabat di Kantor Gubsu geger. Namun kemudian diketahui yang ditolah hanyalah salah seorang dari tiga calon, bukan ketiganya. Namun sejauh ini belum diketahui secara positip siapa calon yang ditolak tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung