PLTU Hamparan Perak 2x150 MW Masuk Tahap Konstruksi


PLTU Hamparan Perak 2x150 MW Masuk Tahap Konstruksi

# PLT Gubsu Harapkan Segera Produksi Atasi Krisis Listrik

Medan, (Mimbar) - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Hamparan Perak 2x150 MW segera memasuki tahap kontruksi.Peresmian dimulainya pekerjaan kontruksi akan dilaksanakan pada 2 November 2015 di Desa Paluh Kurau, Kecamatan Hamparanperak, Kabupaten Deliserdang.

Hal itu dilaporkan jajaran pemegang saham dan direksi PT Mabar Elektrindo yang hadir beraudinesi ke Kantor Gubsu, Rabu (28/10). Hadir beberapa pemegang saham PT Mabar Elektrindo yaitu Mr Zhang Chang dan Qi Feng  yang merupakan pemegang saham perwakilan dari PT Shanghai Electric Power Construction co.ltd (SEPC), Dirut PT Mabar Elektrindo Zhang Keming beserta jajarannya Paulus Saputra.  Turut mendampingi Plt Gubsu Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Edy Salim, Kepala Badan Lingkungan Hidup Hidayati dan Kepala Biro Perekonomian Setda Provsu Bondahro.

Zhang Chang menyampaikan  Proyek PLTU dimulai sejak Oktober 2013 yang diawali dengan perjanjian kerjasama dengan PLN. Hingga kini pihaknya sudah menyelesaikan berbagai perizinan yang terkait dengan pembangunan fisik PLTU dimaksud. Izin yang sudah diperoleh izin lokasi/peruntukan tanah, izin lingkungan dan izin mendirikan Bangunan.

Kondisi lahan saat ini, lanjut Chang, sudah persiapan pembangunan pondasi tahap awal. Ia berterimakasih kepada semua instansi terkait atas dukungan pembangunan PLTU berkapasitas 2X150 MW. "Mudah-mudahan pada 2017 sudah mulai berproduksi tentunya dengan bantuan pemerintah. Kita selesaikan proyek ini sesuai jadwal," katanya dengan optimis.

Untuk itu, Chang berharap Plt Gubsu H Tengku Erry Nuradi turut hadir menyaksikan peresmian pembangunan perdana PLTU dengan total investasi sebesar  560 juta US$. Selain itu, lanjut Chang, pada tahap pembangunan kontruksi pihaknya menyerap tenaga kerja lokal sekitar 200 orang dan puluhan tenaga kerja asing. Pihaknya juga telah menampung kerjasama pelatihan bagi 45 mahasiswa asal perguruan tinggi di Medan, dari total 170 mahasiswa target. Dia mengatakan, setelah beroperasi nantinya, diharapkan ada penambahan tenaga kerja lokal.

Menanggapi hal itu, Plt Gubsu H Tengku Erry Nuradi menanggapi positif dengan kehadiran PLTU 2X150 MW di Sumut. Dengan akan beroperasinya PLTU tersebut tentu akan membantu Sumut menghadapi krisis listri selama ini.

"Saya berharap proyek berjalan dengan baik. Pangakalan Susu 2x200 MW sampai sekarang belum optimal. Labuhan angin juga belum sesuai harapan," ucapnya.

Menurutnya investasi di sektor listrik di Sumut sangat terbuka lebar. Ada 500 MW daftar tunggu yang belum terpenuhi. Dia berharap PT Shanghai Shanghai Electric Power Construction tertarik dan berminat kembali menanamkan modal pada proyek pembangkit listrik lainnya di Sumut. PT Inalum berencana membangun pembangkit dengan kapasitas 600 MW, demikian juga di Kawasan Ekonomi Khusus KEK Sei Mangkei masih membutuhkan pembangkit. "Semoga ini menjadi awal yang baik. Dan mudah-mudahan kerjasama bisa berlanjut," ucapnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung