Plt Gubsu Ajak Pelaku Pariwisata di Sumut Bersatu Majukan Industri Pariwisata Sumut


Plt Gubsu Ajak Pelaku Pariwisata di Sumut Bersatu Majukan Industri Pariwisata Sumut

Medan, (Mimbar) - Plt Gubsu Ir H T Erry Nuradi mengajak para pelaku pariwisata di Sumut seperti praktisi even organizer EO/MICE, akademisi pariwisata, komunitas budaya dan lainnya untuk bersatu memajukan pariwisata di Sumut.

Hal tersebut disampaikan Plt Gubsu pada saat menerima audiensi Panitia Putri Indonesia Sumut dan Asosiasi Karnaval Indonesia Sumatera Utara (Akari Sumut), Selasa (20/10) di ruang kerjanya Lt 9 Kantor Gubsu.

Plt Gubsu pada kesempatan itu didampingi Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provsu dan Kadis Kominfo Provsu Jumsadi Damanik.

Rombongan yang hadir diantaranya dari Putri Indonesia Sumut Ketua Vita Pahlevi, Wakil Ketua Jeyskia Ayunda S, Event Organizer (EO) Daisy RM, dari Mustika Ratu Dedek Yunita.

Sedangkan dari Akari Sumut hadir diantaranya Ketua DPD Indra Siregar beserta anggota Harris Nasution, Femmy Dalimunthe, Melina Efi Zahra dan Saurma Siahaan.

Dunia pariwisata menurut Tengku Erry adalah dunia yang sangat menjanjikan dan merupakan suatu potensi yang dapat meningkatkan perekonomian suatu daerah bahkan negara.

Dikatakannya ada negara yang jumlah wisatawan yang datang ke negaranya lebih besar dibandingkan dengan jumlah penduduk dari negara tersebut, dicontohkannya seperti negara tetangga Singapura. "Wisatawan dari mancanegara cukup besar memberikan devisa ke negara Singapura," sebut Plt Gubsu.

Untuk Sumatera Utara Plt Gubsu melihat bahwa stakeholder pariwisata masih berjalan sendiri-sendiri. Bila para stakeholder bisa bersatu dan kompak, lanjut Plt Gubsu, dunia pariwisata khususnya Sumatera Utara akan bisa dikenal dan akan banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Sumut.

Untuk itu Plt Gubsu berharap para stakeholder pariwisata yang ada di Sumut harus punya program-program yang kreatif sehingga objek-objek wisata di Sumut bisa ditampilkan lebih menarik dan punya ciri khas.

Perlu disusun program-program yang akan dibuat seperti membuat kalender kegiatan pariwisata, buku panduan tentang objek-objek wisata dan kuliner yang ada di Sumut. "Masih banyak objek-objek wisata di Sumut yang belum tersentuh, mari kita dan para stakeholder pariwisata bersama-sama menunjukkan bahwa Sumatera Utara ini punya potensi pariwisata yang besar," harap Plt Gubsu.

Sementara Ketua DPD Akari Sumut Indra Siregar mengatakan bahwa pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan para pelaku pariwisata. Oleh karenanya sesuai kesepakatan untuk memajukan industri pariwisata di Sumut pihaknya menganggap salah satu cara yang efektif adalah dengan mengadakan acara dan pertemuan dengan berbagai organisasi baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional (MICE). Sebagai bentuk partisipasi untuk memajukan industri pariwisata pihaknya perlu mengadakan acara karnaval yaitu karnaval budaya. "Mohon dukungan dan saran dari pemprovsu melalui Bapak Plt Gubsu untuk kemajuan industri pariwisata di Sumut.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Putri Indonesia Sumut Vita Pahlevi, bahwa pihak meminta agar pemprovsu mendukung dan memberi semangat kepada utusan Sumut untuk mengikuti seleksi Putri Indonesia pada Desember mendatang. "Panitia akan berusaha semaksimal mungkin dan melakukan yang tebaik untuk meraih prestasi dan tetap menjaga nama baik Sumatera Utara," harapnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung