Menkumham dan Gubsu Berbuka Puasa di Lapas


Menkumham dan Gubsu Berbuka Puasa di Lapas

# Minta Dukungan Sukseskan "Kami Pasti"

Medan (Mimbar) -Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly berharap kerjasama kepada Polda, Pangdam, Bank Indonesia (BI), dan seluruh kepala daerah, dan seluruh jajaran pemerintah di Sumatera Utara (Sumut) untuk mendukung gerakan yang beslogan 'Kami Kerja, Ayo Kerja, Kami Pasti'.

"Saya sengaja datang ke Sumut sekaligus kunjungan kerja dan buka puasa bersama. Slogan "Kami Pasti" adalah nilai birokrasi, kultur yang diterapkan Kemenkumhan sejak 1 Juni di seluruh provinsi," katanya saat melakukan kunjungan kerja sekaligus buka puasa bersama warga binaan di Lapas I Medan, Sabtu (27/6).

Slogan 'Kami PASTI' yang merupakan akronim dari 'Kami Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif' diharapkan agar menjadi pemantik semangat bagi seluruh jajaran Kemenkumham untuk berupaya optimal dalam pencapaian tujuan organisasi. 

Yasonna mengatakan, dengan adanya sinergi Kemenkumham tidak mungkin berjalan dengan baik dengan kepala daerah. Dia mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan banyak bantuan dan kerjasama seperti dengan Pangdam soal tenaga pengawas.

"Kami kekurangan tenaga pengawas. Disini ada 17 tenaga pengawas berbanding 2.300 napi," ujarnya. Jadi, katanya, pengawas-pengawas yang ada disini menggunakan pendekatan psikologi sehingga para napi bisa selalu ada dalam keadaan kondusif.

Selain itu, lanjut Yasonna, pihaknya juga berterimakasih kepada BI yang secara khusus telah meningkatkan kreativitas bukan hanya di Medan tetapi juga di Kalimantan dan Nusa Kambangan.Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bersama dengan Bank Indonesia mendorong kemandirian usaha warga binaan di lembaga pemasyarakatan termasuk di Provinsi Sumatera Utara. Program kerjasama ini merupakan upaya peningkatan kemandirian warga binaan lembaga pemasyarakatan dengan menjadikannya sebagai inkubator bisnis dengan memberikan bekal para warga binaan jika nantinya sudah kembali ke lingkungan masyarakat serta untuk mendukung ketahanan pangan dan pengendalian inflasi daerah.

Pada kesempatan itu Yasonna juga berpesan kepada warga binaan Lapas agar di bulan Ramadhan ini menjadi momentum untuk mengubah diri menjadi lebih baik.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho berterimakasih kepada Menkumham sudah menyempatkan berjunjung ke Lapas I Medan. Karena, kata Gatot, tidak semua Lapas bisa dikunjungi Menkumham.

Gubsu berharap pada kunjungan ini Sumut berharap Menkumham memberikan arahan dan bimbingan dalan rangka penegakan hukum dan HAM. "Saya bangga warga binaan di sini bisa menghasilkan kreativitas, menampilkan karya terbaik. Saya lihat tadi ada beberapa produk seperti sepatu, kue, dan lainnya," katanya.

Pada kunjungan kerja Menkumham itu, bersama Gubsu juga menyantuni puluhan anak yatim/piatu. Gubsu bersama Menkumham sebelumnya juga mengunjungi stand dan melihat hasil karya kerjinan warga binaan Lapas I Medan. Setelah berbuka juga dilakukan sholat Maghrib berjamaah dan makan malam bersama.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung