Gubsu : Ramadhan Momentum Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Serentak



Gubsu :  Ramadhan Momentum Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Serentak

# Gubsu dan Wagubsu Buka Puasa Bersama

Medan, (Medan) - Memasuki hari ke dua Bulan Ramadhan 1436H, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menggelar acara Buka Puasa Bersama yang dihadiri Gubsu H Gatot Pujo Nuhgroho ST MSi, dan Wagubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi dan Sekda Hasban Ritonga, di Rumah Dinas Jalan Sudirman Medan, Jumat (19/6).

Kegiatan Berbuka Puasa  bersama dihadiri Forkominda, Bupati, Walikota, Alim Ulama, Tokoh Agama, Rektor Perguruan Tinggi, Ormas, Tokoh Masyarakat dan SKPD Se-provinsi Sumut.  Tampak Pangdam I/ BB Mayjey TNI Edy Rahmayadi, Kajati Sumut M Yusni SH MH, Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, Ketua DPRD Sumut H Ajib Shah, Kabinda Sumut, Wadan Lantamaldan seluruh Kepala SKPD Sumut. Hadir Juga Walikota Medan Dzulmi Eldin, Bupati Serdang Bedagai H Soekirman, Bupati Tapteng Syukran Jamilan Tanjung, Danlanud Medan dan undangan lainnya.

Acara Buka Puasa Bersama diawali dengan pembacaan Al-Qur'an oleh Hj Rika Harnita SE yang merupakan peserta STQ Nasional. Kemudian juga diisi Tausyiah Ramadhan oleh Drs Suryanda Lubis.

Ada yang berbeda dari tahun sebelumnya dalam pelaksanaan Buka Puasa oleh Pemprovsu. Pada acara kali ini sejak selesai sholat Shubuh digelar Istima' Al-Qur'an Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Acara pembaca alquran dengan hafalan ini  melibatkan LPTQ dan PW IPQAH Sumut yang menghadirkan para hafizh yang pernah membawa harus nama Provinsi Sumut di tingkat nasional. Lantunan merdu ayat-ayat Al qur'an dibacakan silih berganti hingga menjelang berbuka puasa dapat khatam 30 juz. 

Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dalam sambutannya mengingatkan momentum Ramadhan kali ini strategis menjelang pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah secara serentak pada September mendatang. Sebanyak 23 kabupaten/kota di Sumut akan menggelar Pilkada Langsung. Dia mengingatkan agar Ramadhan menjadi momentum menyejukkan dan menguatkan kebersamaan dalam menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban. 

Selanjutnya Gubsu  mengatakan, pada puasa ramadhan adalah hari lazimnya dilakukan bagi Pemprovsu melakukan buka puasa bersama  bergilir dari unsur pimpinan Propinsi Sumut. "Atas nama pribadi kamai ucapkan terimakasih atas keluangan waktu hadir di acara yang didesain acara siaturahim karena kita yakain sesungguhnya silaturahim adalah bagian pilar membanguan masyarakat, bangsa dan negara," ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, Gubsu juga  mengingatkan kepada Bupati/ Walikota untuk memasukkan anggaran MUI dalam APBD masing-masing. Karena pihaknya sering mendapatkan laporan dari ketua MUI kabupaten/ kota yang masih ada beberapa Bupati/walikota yang belum memberikan anggaran hibah kepada MUI Kabupeten/Kota sesuai dengan rakor MUI pusat diakhir pemerintah Presiden SBY yang mengamanahkan anggaran MUI dialokasi dalam APBD dan merupakan bagian pengelolaan APBD.

"Maka  khususnya kepada saudara bupati/ walikota mohon diperhatikan amanah itu. Karena kita yakin dengan pembinaan keagamaan bagian integral membangun masyarakat," katanya.

Gubsu juga berkesempatan menyerahkan kepada  350 orang penerima bantuan dari  Baznas Provinsi Sumut yangh secara simbolis. Bantuan itu secara rinci yakni untuk muslim lanjut usia sebayak 150 paket, untuk anak yatim 200 paket. Paket yang diberikan berupa beras 10 Kg, minyak goreng 2 kg, Gula 2 kg, Susu kental manis 2 kaleng, roti kaleng sebanyak 1 kaleng dan Sirup 2 botol serta teh celup.

Gubsu di akhir pidato meresmikan dimulainya pelaksanaan safari ramadhan ke-15 Kabupaten Kota yang akan dibagi dalam 3 tim dan dipimpin langsung Gubsu, Wagubsu dan Sekda. Masing-masing tim akan mendapat tugas ke lima kabupaten/kota.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung