Pelayanan 'Jemput Bola' di Marancar Dapat Hindari Percaloan


Camat Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan, Arman Pasaribu (tiga kiri belakang) menjalankan program jemput bola dengan membagikan dokumen kependudukan langsung ke masyarakat Desa Simaninggir,  dalam rangka optimalisasi pelayanan publik. 


Tapanuli Selatan, (Mimbar) - Berkaitan dengan optimalisasi pelayanan administrasi kependudukan, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan telah menerapkan  sistem "jemput bola" langsung ke desa-desa.

Camat  Kecamatan Marancar Arman Pasaribu menjelaskan hal itu  Selasa (27/8), berkaitan dengan program pelayanan publik langsung ke masyarakat. Ia mengatakan pola jemput bola ini sudah berjalan sejak satu bulan lalu, dan masyarakat menyambut antusias.

Waktunya turun ke desa-desa fokus hari kerja pada Senin dan Rabu. Menurut dia, program jemput bola seperti ini selain memudahkan urusan masyarakat juga menghindari percaloan yang dapat merugikan warga. 

"Untuk mendapatkan berbagai jenis data kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Nikah hingga Akte Kematian warga tidak perlu lagi repot ke kecamatan, karena petugas akan mengantarkan dokumen itu ke alamat masing-masing," jelasnya.

Untuk lebih memperlancar seluruh dokumen diperlukan lanjut Arman, pihaknya sudah membangun kerjasama dengan Dukcapil, KUA dan Kesehatan di wilayah tersebut.

"Mudah-mudahan pola jemput bola ini berjalan lancar dan dalam satu bulan sudah mencapai 99 persen untuk tiga desa yang sebelumnya hanya memiliki kelengkapan dokumen 18 persen," ungkapnya.

Dia juga menyatakan target kedepannya akan membuat aplikasi kependudukan sehingga akan lebih memudahkan masyarakat mengetahui tempat lahirnya. (011)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung