Bupati Karo Buka Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan




Tanah Karo, (Mimbar) - Bupati Karo Terkelin Brahmana SH membuka acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang digelar oleh Dinas Perikanan Kabupaten Karo di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Rabu (28/8/2019). Acara dihadiri 17 peserta lomba dari masing-masing tim PPK Kecamatan se Kabupaten Karo.

Ketua Panitia Gemarikan, Agustinus Bangun mengatakan, Gemarikan 2019 bertujuan meningkatkan kegemaran masyarakat di Karo, mengkonsumsi ikan. Disamping itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas sektor perikanan.

“Hal ini sejalan dengan tema Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2019 yang digagas oleh pemerintah pusat yakni, Konsumsi ikan meningkatkan daya saing bangsa. Dalam acara ini juga diadakan lomba memasak jenis ikan tenggiri. Peserta yang ikut ambil bagian ada 17 kontingen TP PKK dari masing masing kecamatan,” jelas Agustinus.

Bupati Karo dalam sambutannya menyampaikan, mengkonsumsi ikan termasuk jenis ikan tenggiri, sudah lama dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan ini sudah terbukti.

“Bagi Anda yang sudah lama menjadikan ikan tenggiri sebagai lauk, maka lanjutkanlah kebiasaan mengkonsumsi ikan. Ikan jenis ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Disamping menambah kesehatan, ikan juga mengandung banyak vitamin yang dapat mencerdaskan otak,” jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karo Sarjana Purba STP MM. Disampaikan, dengan terselenggaranya acara Gemarikan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memprioritaskan mengkonsumsi ikan. “Ikan merupakan hewan yang hidup di lautan dan juga di air tawar. Ikan merupakan penyumbang kebutuhan protein hewani paling banyak bagi manusia,” cetus Sarjana.

Menurutnya, sejak kecil kita sudah dibiasakan untuk mengkonsumsi ikan, karena memang ikan diperlukan pada masa pertumbuhan. Menurutnya, salah satu ikan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan adalah ikan tenggiri.

“Ikan tenggiri masih merupakan ikan kerabat dengan kembung, tongkol dan tuna. Ikan tenggiri mudah dijumpai di laut karena ikan ini hidup di perairan yang asin. Banyak orang yang suka mengkonsumsi ikan tenggiri karena rasanya yang enak dan lezat,” pungkasnya.

Berdasarkan laporan yang diterima wartawan, pemenang lomba memasak jenis ikan tenggiri ini masing – masing, Juara 1 diraih Kecamatan Dolatrayat, Juara 2 Kecamatan Kuta Buluh dan Juara 3 Kecamatan Merdeka. Sementara, untuk Juara Harapan 1 diraih Kecamatan Berastagi, Juara Harapan 2 Kecamatan Tigabinanga serta Juara Harapan 3 Kecamatan Munte.

Acara Gemarikan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Ir. Metehsa Purba, TP PKK Kecamatan dan para Camat se Kabupaten Karo. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari cheff Restoran Hotel Sibayak, Sunaryo. (B 44)

Comments

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung