Tengku Erry : Kembangkan Pesta Budaya Pantai Timur


Tengku Erry : Kembangkan Pesta Budaya Pantai Timur

Serdang Bedagai, (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi membuka Pesta Budaya Pantai Timur yang pertama di Theme Park, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (20/07/2017).

Dalam kesempatan itu, Gubsu Tengku Erry Nuradi meminta agar even wisata seperti Pesta Budaya Pantai Timur ini terus dikembangkan dan setiap tahun digelar secara bergantian di 12 kabupaten/kota Sumut yang berada di kawasan Pantai Timur.

‘’Selain wisata pinggir laut, sepanjang Pantai Timur Sumut juga memiliki kesultanan yang menjadi sejarah budaya Melayu sebagai satu kekayaan yang dimiliki. Karenanya even seperti ini, sudah harus terjadwal setiap tahunnya dalam kalender wisata provinsi maupun kabupaten/kota. Apalagi berbagai sarana dan infrastruktur sangat mendukung agar Sumut mencapai target mendatangkan satu juta wisatawan mancanegara,’’ ucap Erry.

Erry juga menyebutkan, baru saja digelar even Festival Bunga dan Buah di Karo yang luar biasa. Ada juga yang dilaksanakan kabupaten/kota lain. Sehingga jika satu daerah saja menggelar even, maka dalam sebulan, setidaknya ada 3 even di setiap kabupaten kota," ujar Erry kembali menyebutkan setahun ada 11 bulan yang dapat dimanfaatkan untuk even wisata di luar Ramadhan.

Erry pun optimis, even-even wisata yang digelar diyakini akan meningkatkan kunjungan wisatawan. Karena selain terjadwal, juga akan ada promosi yang diikuti dengan dukungan pembangunan infrastruktur, di mana beberapa yang menjadi catatan seperti Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Jalan Tol Binjai-Medan-Tebingtinggi yang akan rampung tahun depan, serta faktor pendukung lainnya seperti budaya dan situs sejarah.

"Sekarang ini, Bandara Kualanamu (KNIA) terpilih sebagai satu-satunya bandara Bintang 4, mengalahkan Soekarno Hatta dan Ngurah Rai Bali, karena terhubung langsung dengan jalur Kereta Api di Pusat Kota Medan. Sehingga persyaratan Sumut menjadi tujuan wisata andalan, sudah terpenuhi," jelas Erry.

Sementara, Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya menyampaikan, pihaknya juga telah menggelar kegiatan pendukung sebelum pesta budaya tersebut diantaranya berupa seminar budaya, tradisi jamu laut, serta pameran kuliner dan sapta pesona Pantai Cermin bersih. Sehingga acara yang sejatinya digelar tiga hari mulai 20-22 Juli 2017, telah dimulai dengan kegiatan pendukung dari Pemkab Sergai.

Pembukaan even Pesta Budaya Pantai Timur Sumut 2017 ditandai pemukulan gendang Melayu oleh Gubernur bersama Wakil Bupati Sergai serta unsur FKPD Sumut dan Sergai serta sejumlah kepala daerah di Pantai Timur.

Festival tarian seperti tari Zapin digelar dalam acara ini. Pada pembukaan tersebut, Gubernur disambut tarian massal Serampang 12 oleh 500 pelajar. Sejumlah perlombaan selain tarian tradisional juga ada voli pantai, bola kaki pantai, layang-layang, nyanyian Melayu dan lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung