Gubsu dan Kapolda Pantau Arus Mudik di Amplas dan Kualanamu


Gubsu dan Kapolda Pantau Arus Mudik di Amplas dan Kualanamu

# Gubsu Tampung Asiprasi Pemudik
# H-4 Penumpang di Kualanamu Naik 5,6% dari Tahun Lalu

Medan, (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara Ir  H T Erry Nuradi menampung aspirasi para pemudik ketika melakukan inspeksi mendadak angkutan lebaran beserta Kapolda Sumut Irjend Pol Rycko Amelza Dahniel di terminal Amplas dan Kuala Namu, Rabu (21/06).

Gubsu beserta Kapolda dan Walikota Medan Dzulmi Eldin naik ke salah satu bus yang sudah dipenuhi penumpang tujuan Pematang Siantar. Setelah menyerahkan alat kelengkapan keselamatan berkendara, Gubsu melakukan Tanya jawab dengan para penumpang. Salah seorang penumpang, mengeluhkan kondisi terminal Amplas yang kurang terawat.

DAlam kesemapatan itu, GUbsu langsung menjawab keluhan penumpang tersebut. “Mohon maaf, bila kondisi terminal masih belum sesuai apa yang diharapkan karena saat ini pengelolaanya masih pada masa transisi,” ujar Gubsu.

Dijelasannya, Terminal Amplas sesuai aturan yang baru akan ditarik menjadi wewenang pemerintah pusat yaitu kementerian perhubungan. Namun saat ini masih posisi tranasisi, dimana selama pengelolaan di bawah Pemko Medan. “Kita menunggu saja aturannya lebih lanjut. Jika nanti diserahkan ke Kementerian Perhubungan, tentu diharapkan segera dibenahi atau dirapikan, tapi kalau kelasnya diturunkan menjadi Tipe B di bawah pengelolaan Provinsi maka kita akan perbaiki, atau bahkan diturunkan menjadi tipe C oleh Kabupaten/kota, maka kita harapkan yang bertanggungjawab segera melakukan pembenahan,” terang Gubsu Erry.

Secara umum, situasi arus mudik tahun ini menurut Erry yang juga didampingi Kepala Dinas Perhubungan Anthony Siahaan mengalami kenaikan sekitar 2% saja. Diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada h-3.

Dalam kesempatan itu Gubsu dan Kapolda juga mengunjungi pos pemeriksaan untu deteksi dini risiko kecelakaan pada pengemudi bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). Pada posko kerjasama Kementerian Kesehatan, BNN, Jasaraharja dan Dinas Perhubungan Medan ini dilakukan pemeriksaan narkoba, tes lkohol, tekanan darah dan gula daerah. Berdasarkan keterangan petugas BNN di lokasi, untuk terminal Amlas tidak ditemukan pengemudi yang positif, namun di terminal Pinang Baris rerdapat 4 pengemudi yang positif menkonsumsi narkoba.

“Seluruh pengemdi pengemudi angkutan di wajib diperiksa dan apabila ada supir yang tidak layak mengemudi , maka akan dilarang,” kata Gubsu.  

Setelah mengunjungi Amplas, Gubsu beserta rombongan dan  didampingi Wakil Bupati Deliserdang Zainuddin Mars dan GM Angkasa Pura 2 Arief Darmawan memantau bandara Internasional Kuala Namu.  

Berdasarkan pantauan, pada H-4 sudah mulai terjadi peningkatan jumlah penumpang baik yang datang maupun yang berangkat di Bbandara Internasional Kualanamu. “Daridata penumpang, hari ini sudah mulai ada kenaikan baik yang datang maupun yang pergi. Jika dibandingkan dengaa hari yang sama pada tahun sebelumnya ada kenaikan penumpang sekitar 5,6%,” ujar Gubsu.

Dari pantauan di terminal keberangkatan , Bandara Kuala Namun sudah terlihat padat. Diperkirakan kepadatang akan bertambah pada hari berikutnya. Gubsu menghinbau kepada para pemudik yang akan berangkat melalui Kualanamu, hendaknya mewaspadai situasi yang padat dengan datang lebih cepat. “Silahkan datang lebih cepat untuk menghindai keterlambatan, untuk proses checkin, karena antrian yang lebih banyak sehingga membutuhkan waktu lebih lama,” kata Gubsu.

GM AP2 Arief menjelaskan sampai dengan H-4 ada lonjakan penumpang sekitar 5,6 %, dari tahun lalu, dimana jumlah penumpang  per hari sekitar 30 ribu. tapi hari ini mencapai lebih dari 32 ribu penumpang. “Sebenarnya predikis kami jumlah penumpang antara 31-32 ribu, tapi nampaknya sebaran sudah mulai meningkat pada H-4 learan ini. Total kami perkirakan ada kenaikan sampai 9%,” katanya.

Dia menjelaskan adanya penambahan ekstra flight 40 penerbangan dari total 100-150 penerbangan  bolak balik per hari, termasuk penerbangan internasional.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung