500 Janda Pejuang Terima Santunan Pada Peringatan HUT RI di Sumut

500 Janda Pejuang Terima Santunan Pada Peringatan HUT RI di Sumut

Medan, (Mimbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelar beragam kegiatan menyambut HUT ke-72  RI. Salah satu dari rangkaian kegiatan itu adalah pemberian santunan kepada 500 para janda pejuang dan pejuang perintis kemerdekaan yang masih hidup, dalam acara silaturrahmi di rumah dinas Gubernur Sumut.

"Ini sebagai salah satu bentuk penghargaan Pemprov Sumut kepada para pejuang kemerdekaan, acara silaturrahmi ini dilaksanakan  pada 10 Agustus," kata Kepala Biro Binsos Pemprov Sumut, M Yusuf pada acara coffe morning yang dilaksanakan di Dinas Kominfo Sumut, Rabu.

Didampingi Sekretaris Dinas Kominfo Sumut M Ayub dan Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Abdul Azis SSos, kepada wartawan Yusuf mengatakan sedikitnya ada sejumlah 32 kegiatan menyambut HUT kemerdekaan RI yang saat ini sudah dalam tahap persiapan.

HUT Kemerdekaan RI di Sumut, tahun ini mengambil thema Indonesia Kerja Bersama, 72 Indonesia Merdeka dengan motto kerjasama.

Kegiatan yang mulai digelar sejak 10 hingga 21 Agustus 2017, di awali dengan pemberian penghargaan untuk kantor-kantor pemerintahan terbersih di daerah ini. Kemudian berkunjung ke sejumlah panti asuhan di Kota Medan.

Rangkaian kegiatan lainnya berupa dialog interaktif, serta pengukuhan Paskibra di rumah dinas gubernur.

Hingga kegiatan puncak pengibaran bendera merah putih di Lapangan Merdeka Medan yang dilanjutkan dengan penampilan etos perjuangan rakyat.

Selanjutnya pada sore harinya, akan dilaksanakan pawai pembangunan dan pawai parade perjuangan , dengan peserta dari lembaga organisasi, dinas serta instansi terkait.


Pemerintah melalui Menteri Sekretaris Negara, kata Yusuf juga mengintruksikan wajib mengibarkan bendera mulai 14  sampai 18 Agustus, juga menggelar upacara bendera di sekolah masing-masing pukul 8.00 WIB, pada 17 Agustus.

Sejumlah rangkaian perayaan HUT RI ini, menurut dia telah disosialisasikan Pemprov Sumut melalui surat kepada kabupaten/kota maupun sejumlah instansi terkait.

HUT kemerdekaan RI tahun ini juga diisi dengan kegiatan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tanjung Gusta, sekaligus penyampaian remisi kepada para napi.

Yusuf memaparkan, anggaran pengatan HUT Kemerdekaan tahun ini bersumber dari APBD senilai Rp700 juta.

"Dana tersebut dialokasikan untuk rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan dan pemberian santunan kepada masyarakat. Jadi keseluruhannya memang untuk rakyat.," katanya.

Dia mengakui sejumlah kegiatan itu melalui pengamatan dan akan terus ditingkatkan dari tahun ketahun dengan melibatkan unsur kepemudaan di Sumut.

"Perayaan HUT kemerdekaan ini sekaligus momentum untuk membangun kesadaran generasi muda ikut berperan mengisi kemerdekaan," kata Yusuf. 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung