Lulus Hasil Penyaringan, Tiga Calon Rektor Unimed Bersaing



Dr. Syamsul Gultom, S.KM. M.Kes (tengah) Dr. Martina Restuati, M.Si (kanan) dan Dr. Marice, M.Hum (kiri) hasil tahap penyaringan bakal calon rektor ditetapkan oleh pimpinan sidang rapat senat tiga calon rektor Unimed periode 2019-2023, kemarin. Foto (Mimbar/Ist)



Medan (Mimbar) - Universitas Negeri Medan kembali menggelar tahapan dalam pemilihan calon rektor Unimed untuk periode 2019-2023. Tahapan kali ini dalam rapat senat adalah penyaringan calon rektor.


Rapat senat yang dipimpin oleh Ketua Senat Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. dan Sekretaris Senat Winsyahputra Ritonga, S.Pd. M.Si, Selasa (12/3) di Ruang Sidang A Gedung Pusat Administrasi Unimed dihadiri utusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai peninjau dalam tahapan penyaringan calon rektor Unimed adalah Sekretaris Dirjen Kelembagaan Ristekdikti, Dr. Ir. Agus Indarjo, M.Ph. dan Kasubbag Mutasi Jabatan Pimpinan Tinggi dan Adm. Biro SDM Kemristekdikti, Andi Irawan S.Ip., MM. Rapat senat tahap penyaringan ini dihadiri 51 anggota senat, 1 anggota senat tidak hadir karena sakit.


Setelah rapat senat dibuka oleh ketua senat, kemudian sekretaris senat membacakan tata tertib penyaringan calon rektor Unimed. Selanjutnya kelima bakal calon rektor diberi kesempatan untuk memaparkan visi, misi dan program kerja dihadapan anggota senat dan peninjau dari Kemristekdikti.


Dr. Ir. Agus Indarjo, M.Ph. utusan Menristekdikti menyampaikan sebelum ke lima bakal calon rektor menyampaikan visi, misi dan program kerjanya. Dia memberikan apresiasi kepada semua kandidat yang terpilih, karena telah terpilih menjadi bakal calon rektor hasil saringan dari 1.000-an dosen Unimed.


Dia berharap kegiatan tahap penyaringan bakal calon rektor Unimed kali ini dapat berjalan dengan baik dan sukses dan akan terpilih tiga calon rektor yang akan membawa Unimed menjadi kampus kelas dunia dengan prestasi yang terus meningkat. Hasil dari penyaringan ini, akan saya sampaikan kepada pak menteri sebagai laporan dan selanjutnya dilakukan pemilihan sesuai jadwal yang telah disusun nantinya.


Penyampaian visi misi dan program kerja bakal calon rektor disampaikan secara bergiliran yakni Prof. Dr. Muktar, M.Pd, Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Dr. Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes, Dr. Martina Restuati, M.Si dan Dr. Marice, M.Hum. Kelima bakal calon rektor tersebut memaparkan visi, misi dan program kerja dilanjutkan dengan tanggapan dan pertanyaan dari anggota senat dan utusan Menristekdikti.


Setelah penyampaian dan pemaparan visi, misi dan program kerja dari kelima bakal calon rektor, kemudian dilakukan pemilihan calon rektor melalui pengambilan suara dari seluruh anggota senat yang hadir.


Adapun hasil suara pemilihan calon rektor tersebut adalah Prof. Dr. Mukhtar, M.Pd. tidak memperoleh suara. Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, memperoleh 1 suara. Dr. Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes. memperoleh 44 suara. Dr. Martina Restuati, M.Si. memperoleh 3 suara dan Dr. Marice, M.Hum memperoleh 2 suara.


Dari hasil tahap penyaringan bakal calon rektor dalam rapat senat kali ini ditetapkan oleh pimpinan sidang rapat senat bahwa tiga calon rektor Unimed periode 2019-2023 adalah Dr. Syamsul Gultom, S.KM. M.Kes, Dr. Martina Restuati, M.Si. dan Dr. Marice, M.Hum. Kemudian hasil rapat senat nantinya secepatnya akan disampaikan secara resmi kepada Bapak Menristekdikti di Jakarta.


Ketua senat Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. mengatakan penyaringan calon rektor kali ini sangat aman, nyaman dan penuh kekeluargaan. “Mari kita syukuri bersama, semoga pemilihan dan pelantikan rektor Unimed yang baru nanti dapat berlangsung aman dan tertib sesuai harapan bersama. Kita telah saksikan semua calon rektor ingin bersama-sama membangun Unimed ke arah yang lebih baik dan mewujudkan visi Unimed menjadi universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya. Mari dukung bersama siapapun nanti yang terpilih menjadi rektor Unimed periode 2019-2023,” paparnya. (NSR)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung