Jaring PMB, Tim Promosi ITM Kunjungi Sekolah di Tiga Provinsi
Tim Promosi ITM saat melakukan
kunjungan di SMA Negeri 1 Sibolangit dan Kabupaten Dairi belum lama ini. Foto
(Mimbar/Ist)
Medan (Mimbar) - Dalam rangka
menyambut masa Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi Medan (PMB-ITM)
yang berlangsung dari Maret hingga Mei 2019 kembali menerjunkan Tim Promosi ke
sekolah-sekolah di wilayah tiga Provinsi Sumatera Utara, Aceh dan Riau yang
merupakan daerah target penyumbang terbanyak asal mahasiswa baru.
Kabiro Humas ITM H M Vivahmi SH MSi mengatakan,
kegiatan ini rutin dilakukan menjelang PMB untuk menjaring calon mahasiswa baru
baik dari SMA maupun SMK. Tim promosi yang terbagi dalam 6 kelompok yakni Tim
Aceh, Tim Dairi, Tim Tarutung-Sibolga, Tim Riau, Tim Medan-1 dan Tim Medan-2
mulai berangkat serentak dari kampus ITM mulai 11 Maret 2019 lalu.
Tim ini melibatkan dosen, alumni
dan juga mahasiswa ini selama seminggu penuh bertugas mempromosikan dan
mensosialisasikan kampus ITM kepada masyarakat dengan metode pembagian brosur,
pemasangan spanduk, serta tatap muka langsung dengan siswa dan siswi kelas XII
di kelas maupun di halaman sekolah.
Vivahmi menambahkan, program kunjungan langsung ke
sekolah-sekolah ini telah berjalan berkesinambungan dalam kurun waktu beberapa
tahun terakhir ini karena dinilai efektif mampu menjaring minat siswa untuk
melanjutkan kuliah di ITM.
Program ini merupakan rangkaian
kerja Panitia PMB ITM selain promosi yang dilakukan melalui media massa, radio
serta baliho-baliho yang dipasang di lokasi strategis di wilayah Medan dan
sekitarnya.
Kegiatan ini untuk juga mensosialisasikan keberadaan
fakultas, program studi/jurusan, sarana dan prasarana fasilitas pendukung, staf
pengajar, akreditasi prodi dan institusi, sistem perkuliahan dan akademik
mahasiswa, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan bidikmisi dari yayasan dan
Dikti.
Selain itu, ITM juga mengenalkan
keunggulan dan prestasi mahasiswa maupun perguruan tinggi yang telah dicapai.
Peluang kerja baik program atau pelatihan kewirausahaan bagi lulusan dan
lapangan pekerjaan yang tersedia melalui berbagai kerjasama dengan instansi
pemerintah, swasta dan dunia usaha.
Vivahmi mengakui pihaknya sudah mengantisipasi
persaingan lulusan dengan PTS, karena mahasiswa dan lulusan ITM dibekali
kemampuan skill dan kompetensi keilmuan yang diperolehnya selama mengikuti
perkuliahan.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi (Iptek) dewasa kini akan memacu ITM terus berbenah diri melakukan
inovasi dan perubahan baik kurikulum pendidikan tinggi maupun perkembangan di
era revolusi industri 4.0. Kunjungan ke sekolah diakhiri dengan penyerahan
souvenir/merchandise dari ITM kepada pimpinan sekolah. (NSR)
Comments
Post a Comment