UPT Samsat Dispendasu Optimalisasikan Inovasi Pelayanan Prima
UPT Samsat Dispendasu Optimalisasikan Inovasi Pelayanan Prima
Medan, (Mimbar) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Dinas Pendapatan Provinsi Sumut (Dispendasu) terus komit dan konsisten mengoptimalisakan inovasi pelayanan prima yang tujuannya tidak sekedar menjaring pendapatan daerah secara optimal melainkan juga memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat menunaikan kewajiban pajaknya.
Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Sumut H Rajali SSos didampingi Kepala Dinas Kominfo Sumut Drs H Jumsadi Damanik SH MHum dan Kepala UPT Penyuluhan Pendapatan Daerah (Dispendasu) Drs Syahrul Irwan Nasution mengemukakan hal itu kepada wartawan Selasa 11 Mei 2015 di ruang kerjanya di Medan.
Inovasi dimaksud terus ditingkatkan dan
didekatkan dengan masyarakat termasuk memberikan informasi seluas-luasnya
antara lain misalnya melalui Pekan Inovasi Sumatera Utara 2015 yang digelar di
Lapangan Merdeka Medan 21 hingga 24 Mei 2015 yang menampilkan layanan unggulan
UPT Samsat Dispendasu yang bertujuan antara lain optimalisasi pendapatan asli
daerah (PAD) Sumut.
“Seluruh upaya terobosan dan inovasi yang
dikembangkan dan dioptimalisasikan itu guna mendukung komitmen Gubernur Sumut
Bapak H Gatot Pujo Nugroho ST dalam mewujudkan Sumut Bangkit dengan budaya
kerja berbasis nilai,” jelasnya seraya mengemukakan untuk melakukan inovasi ini
pihaknya menyerap berbagai aspirasi dan perkembangan aktual pembangunan dan
kemasyarakatan.
Layanan unggulan lanjut Kadis antara lain Payment Point Bank Sumut, Samsat Drive Thru, Samsat Corner, Bus Keliling, Samsat Gerai, Super KPKB, Samsat On Line, Website Dispendasu serta meningkatkan mutu pelayanan sesuai Standar ISO 9001 – 2000. Jenis pelayanan PKB/ BBNKB yakni Payment Point, Samsat Corner, Bus Keliling, ISO 9000-2001, Super PKB, Samsat Pembantu, Samsat Keliling, Drive Thru., Gerai Samsat (Pembantu)
Wilayah UPTD/ Samsat yakni UPTD/Samsat
Medan Utara, Medan Selatan, Binjai, Stabat, Lubuk Pakam, Tebing Tinggi,
Kabanjahe, Tanjung Balai, Sidikalang, Kisaran, Rantau Prapat, Pematang Siantar,
Balige, Tarutung, Gunung Sitoli, Sibolga, Padang Sidimpuan, Panyabungan,
Pangkalan Brandan, Kota Pinang, Sibuhuan, Serdang Bedagai, Aek Kanopan, Barus,
Natal, Gunung Tua, Perdagangan, Pangururan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan,
Salak, Lima Puluh, Dolok Sanggul dan Teluk Dalam.
Kemudian UPTD Khusus Pusinfo Penda Provsu
dan Penyuluhan Penda Provsu, Samsat Mall di Samsat dan SIM Corner Sun Plaza dan
Samsat Corner Plaza Medan Fair serta Samsat Drive Thru keliling (Dinamis) dan
Drive Thru Imam Bonjol (Statis). Juga Samsat Gerai di Marelan, Indrapura,
Perbaungan, Kampung Pajak Aek Kanopan, Hutabalang Sibolga, Tembung, Tanjung
Morawa, Deli Tua, Kerasaan dan A Jamu.
Payment Point (Pembayaran Titipan)
merupakan fasilitas layanan yang disiapkan melalui sistem kerjasama dengan Jasa
Perbankan dalam hal ini Bank Daerah Sumut (PT Bank Sumut) untuk memudahkan
Wajib Pajak dalam memenuhi kewajibannya membayar PKB/KB. Layanan ini sejalan
dengan budaya organisasi Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara yakni “
Prima Pelayanannya, Lancar Pemasukannya dan Aman Uangnya “
Selanjutnya Samsat Drive Thru adalah
counter layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pengesahan STNK
sehingga mempermudah Wajib Pajak dalam memenuhi kewajibannnya dalam membayar
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Sistem dan Prosedur Layanan Samsat Drive Thru
membawa kendaraan yang bersangkutan ke lokasi Drive Thru. Wajib Pajak tidak
perlu turun dari kendaraannya, cukup hanya mempersiapkan dokumen asli yang
dibutuhkan yaitu : BPKB, dan KTP telah beroperasi Samsat Drive Thru Bank Sumut,
halaman parkir belakang Bank Sumut (STATIS) dan Drive Thru Keliling(DINAMIS).
Juga ada Samsat Corner yakni layanan
pengesahan STNK, Pembayaran PKB dan SWDKLLJ di Pusat Perbelanjaan (Mall,
Supermarket, Hypermarket). Durasi pelayanan max 5 menit (terhitung sejak berkas
di proses). Samsat Corner yang telah beroperasi Samsat Corner Sun Plaza
(25/08/2008) dan Samsat Corner Plaza Medan Fair (19/05/2009).
Selanjutnya Bus Keliling merupakan
fasilitas layanan pembantu yang disiapkan untuk pengesahan STNK, pembayaran PKB
dan SWDKLLJ dengan menggunakan kendaraan bermotor yang beroperasi dari satu
tempat ke tempat lainnya. Sasarannya adalah Wajib Pajak yang jauh dari Samsat..
ISO 9001 – 2000 yaitu International
Organization for Standardization adalah sistem dan prosedur layanan Samsat yang
mengacu pada standar sistem manajemen mutu ISO 9001 – 2000 (Kualifikasi
Internasional). Tujuan ISO 9001 -2000 adalah terwujudnya kualitas pelayanan
dengan standarisasi mutu layanan secara optimal dan konsisten. Sistem dan
Prosedur Layanan ISO 9001 – 2000 memiliki standar (standarisasi) – kejelasan
persyaratan dan prosedur; Transparansi – kejelasan biaya; Non diskriminatif
(bersifat universal); dan terukur (dapat diukur) – kejelasan waktu
penyelesaian.
Samsat yang menerapkan standar ISO 9001
-2000/ SNI 9001 - 2000 yakni Kantor Samsat Medan Utara (16/12/2006) Kantor
Samsat Medan Selatan (15/01/2008) Kantor Samsat Sibolga (19/05/2009) Kantor
Samsat Lubuk Pakam (14/09/2009) Kantor Samsat Stabat (14/09/2009). Piagam Citra
Pelayanan Prima (Samsat Medan Utara), Sertifikan ISO 9001 -2000 / SNI 9001
-2000 (Samsat Medan Selatan sebagai pnegakuan terlaksananya kualitas pelayanan
publik berstandar internasional, di bawah bendera B4 Quality System
Sertification, Selasa, 15/01/2007.
Super KPKB yaitu Surat Pemberitahuan
Kewajiban Pemilik Kendaraan Bermotor (SPKPKB) adalah surat peringatan san/atau
surat pemberitahan yang dikirimkan kepada wajib pajak. Selanjutnya Samsat Gerai
adalah tempat pelayanan pajak kendaraan bermotor (bukan merupakan cikal bakal terbentuknya
Samsat Defenitif), mempunyai wilayah kerja tertentu, namun dalam operasionalnya
bertugas membantu samsat induk.
Tujuan Pembentukan Samsat Pembantu untuk
mendekatkan kantor pelayanan pajak dengan wajib pajak. Saat ini telah
dioperasionalkan 8 (delapan) Samsat Gerai dan akan terus bertambah sesuai
dengan kebutuhan dan anggaran. Selain itu juga Website dispendasu adalah suatu
bentuk layanan dalam penginformasian pengelolaan pendapatan daerah Provinsi
Sumatera Utara kepada masyarakat yang berbasis teknologi informasi.
Beberapa inovasi yang dikembangkan antara
lain menyediakan Costumer Service Information Desk di depan pintu masuk Samsat
untuk memudahkan para wajib pajak mendapatkan informasi yang jelas mengenai
proses pengurusan STNK maupun BBN-KB, menyediakan mesin simulator informasi
pajak kendaraan bermotor, menyediakan ruang tunggu yang bersih dengan tanaman
hias hidup dan terawat, nyaman dan aman, menyediakan secara gratis minuman
teh/kopi, makanan ringan dan hotspot WiFi.
“Adanya ruang relaksasi bagi wajib pajak
yakni ruang karaoke dan kursi pijat elektrik secara gratis juga menyediakan
ruang nursing bagi wajib pajak yang membawa bayi untuk keperluan menyusui dan
ruang lanjut usia (lansia) dan pada waktu tertentu memberikan reward berupa Lucky
Draw dan Souvenir kepada wajib pajak yang mengisi kuisioner dalam rangka Indeks
Kepuasan Masyarakat (IKM), dan reward bagi wajib pajak yang telah melakukan
pembayaran pajaknya 40 hari sebelum jatuh tempo,” jelasnya.
Dijelaskan juga telah dibuat alur layanan
yang efesien dan efektif untuk proses penggantian STNK dari yang selama ini
selesai 3 hari dipersingkat menjadi 1 jam, pengesahan 1 tahun STNK dari yang
selama ini selesai 3 jam dipersingkat menjadi paling lambat 10 menit.
Amalan Menarik Khodam Wasyamsi Waduhaha -
ReplyDeleteCara Mendapatkan Informasi Ghaib -
Cara Mendatangan GoLongan Jin -
Cara Merubah Batu Jadi Emas Intan Dan Permata -
Do'a Dzikir Rajah Kodam Wassyamsi Waduhaha
Halimun Ilmu Menghilang Tak Bisa Di lihat manusia jin dan hewan -
Ilmu Membuka Gembok,Borgol,Rantai Dan Kunci Lainya -
Ilmu Menghancurkan Orang Dzolim -
Ilmu Merubah Kertas / Daun Jadi Uang -
Ilmu Merubah Kertas Jadi Uang -
Ilmu Sukses Bercocok Tanam Bertani Berkebun -