Sembilan Layanan Unggulan Dispendasu
Sembilan Layanan Unggulan Dispendasu Terus
Dipercanggih
Medan,
Sembilan
layanan unggulan Dinas Pendapatan Provinsi Sumut (Dispendasu) terus
dipercanggih secara kualitatif maupun kuantitatif sehingga keberadaannya yang
telah dirasakan masyarakat semakin berdayaguna sesuai standarisasi layanan
publik bertaraf internasional, sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah
(PAD).
Kepala
Dispandasu H Rajali SSos MSP kepada wartawan di Medan, Jumat (13/12) mengakui
layanan unggulan akan terus ditambah dan sembilan diantaranya terus
ditingkatkan yaitu Payment Point Bank Sumut, Samsat Drive Thru, Samsat Corner, Bus
Keliling, Samsat Gerai, Super KPKB, Samsat On Line, Website Dispendasu dan Pelayanan
Sesuai Standar ISO 9001-2000.
“Payment
Point (Pembayaran Titipan) kerjasama dengan Bank Sumut memudahkan wajib pajak
membayar PKB/BBN-KB, menjamin kelancaran pembayaran dan keamanan setoran wajib
pajak,” jelasnya seraya mengemukakan sistem ini masih difokuskan pada tempat
pelayanan yang telah definitif dan tertentu, misalnya Bus Samsat Keliling dan
Samsat Corner, wajib pajak langsung melakukan pembayaran di loket yang telah
disiapkan dan petugas layanan disediakan bank.
Sedangkan
untuk terwujudnya kualitas pelayanan yang cepat, tepat dan efisien serta mempermudah
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) lanjutnya disediakan Samsat Drive Thru di mana
masyarakat dapat membawa langsung kendaraannya ke lokasi Drive Thru tidak perlu
turun dari kendaraannya cukup hanya mempersiapkan dokumen asli yang dibutuhkan
yaitu STNK, BPKB dan KTP dan langsung melakukan pembayaran di loket yang telah
disediakan. Samsat Drive Thru yang telah beroperasi di halaman parkir belakang
Bank Sumut (Statis) dan Drive Thru keliling (Dinamis).
Untuk
mendekatkan jarak pelayanan dan mengintensifkan pengelolaan pajak jelas Kadis
disediakan Samsat Corner yang merupakan layanan pengesahan STNK, pembayaran PKB
dan SWDKLLJ di pusat perbelanjaan (mall, supermarket, hypermarket) di mana Pemilik
langsung kendaraan dapat membawa persyaratan KTP asli, BPKB asli dan STNK asli
dan SKPD terakhir. Layanan Samsat Corner menggunakan database master Kantor Bersama
Samsat dan melakukan rekonsiliasi terhadap semua data selambat-lambatnya satu
hari berikutnya. Durasi pelayanan maksimum 5 menit (terhitung sejak berkas
diproses).
Wilayah
pelayanan sebahagian kota Medan dan sebagian Kabupaten Deli Serdang meliputi
Kecamatan Batangkuis, Percut Sei Tuan, Hamparan perak, Sunggal, Labuhan Deli, Pancur
Batu, Deli Tua, Namo Rambe, Sibiru-biru, Patumbak, Kutalimbaru dan Sibolangit. Samsat
Corner yang telah beroperasi di Sun Plaza sehaj 25 Agustus 2008 dan di Plaza
Medan Fair sejak 19 Mei 2009.
Sementara
itu Bus Keliling juga disiapkan sebagai layanan pembantu untuk pengesahan STNK,
pembayaran PKB dan SWDKLLJ dengan menggunakan kendaraan bermotor yang
beroperasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Sasarannya adalah wajib pajak
yang jauh dari Samsat dan saat ini tersedia layanan sembilan unit bus keliling.
Dispenda
juga telah memperoleh ISO 9001-2000 yaitu International Organization For
Standardization adalah sistem dan prosedur layanan samsat yang mengacu pada
standar sistem manajemen mutu ISO 9001-2000 (kualifikasi internasional).
Kadis
menjelaskan layanan unggulan lainnya yaitu Surat Pemberitahuan Kewajiban
Pemilik Kendaraan Bermotor (Super KPKB) berupa surat peringatan dan/atau surat
pemberitahuan yang dikirimkan kepada wajib pajak untuk memberitahukan kepada
wajib pajak agar memenuhi kewajiban pajaknya tepat waktu di mana sasaran utama
adalah wajib pajak yang menunggak.
“Kita
juga memiliki Samsat Gerai yang dalam operasionalnya bertugas membantu samsat
induk guna mendekatkan kantor pelayanan pajak dengan wajib pajak. Saat ini
telah dioperasionalkan delapan Samsat Gerai yaitu Marelan, Indra Pura, Perbaungan,
Kampung Pajak Aek Kanopan, Hutabalang Sibolga, Tembung, Tanjung Morawa dan Deli
Tua,” jelasnya.
Guna
mendukung trabnsparansi layanan lanjutnya tersedia www.dispendasu.sumutprov.go.id
yang merupakan Website Dispendasu yang berbasis teknologi informasi. Juga ada Samsat
Online berupa sistem informasi berbasis teknologi dalam pembayaran PKB dan
BBN-KB yang tidak bergantung pada tempat tinggal/domisili wajib pajak.
Untuk
Tahun Anggaran 2013 jelasnya UPT Penyuluhan Dispendasu telah melaksanakan
penyuluhan pada beberapa Kabupaten antara lain di Padang Lawas Utara (Gunung
Tua), Kabupaten Humbang Hasundutan (Dolok Sanggul), dan Kabupaten Simalungun
(Perdagagangan) untuk Triwulan IV direncanakan di Kabupaten Mandailing Natal
(Natal) untuk Tahun Anggaran 2014 diusulkan delapan lokasi lainnya. Sebagai
peserta diutamakan pengusaha jasa angkutan umum dan dealer kendaraan bermotor.
“Samsat juga
menggelar Razia Kendaraan Bermotor menjaring kendaraan yang belum membayar
pajak,” ujarnya seraya mengemukakan pihaknya juga terus berupaya
mengintensifkan potensi-potensi baru sebagai sumber PAD diantaranya Pajak Rokok
dan Pajak Air Permukaan.
Teks Foto 1 :
Masyarakat merasakan manfaat
Samsat Corner yang mendekatkan jarak pelayanan dan mengintensifkan pengelolaan
pajak di mana layanan ini menggunakan database master Kantor Bersama Samsat dan
melakukan rekonsiliasi terhadap semua data selambat-lambatnya satu hari
berikutnya. Durasi pelayanan maksimum 5 menit (terhitung sejak berkas diproses).
Teks Foto 2 :
Samsat Drive Thru yang merupakan
satu dari 9 layanan unggulan Dispendasu kebaradaanya sangat dirasakan
masyarakat berdayaguna di mana masyarakat dapat membawa langsung kendaraannya ke
lokasi Drive Thru tidak perlu turun dari kendaraannya cukup hanya mempersiapkan
dokumen asli yang dibutuhkan.
Comments
Post a Comment