KPU Sumut Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Suara


Para anggota KPU Sumut pada Rapat Pleno Terbuka di JW Marriot Hotel Medan, 6 Mei 2019 (dari kiri ke kanan : Sekretaris KPU Abdul Rajab, Div. Teknis Benget M Silitonga, Div. Partisipasi Masyarakat dan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Syafrial Syah, Div. SDM Mulia Banurea, Ketua KPU Yulhasni, Div. Data Herdensi, Div. Perencanaan dan Logistik Batara Manurung, Div. Hukum Ira Wirtati)


Medan - KPU Sumut menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Provinsi Sumatera Utara Pemilihan Umum Tahun 2019 di JW Marriot Hotel Medan pada tanggal 6 – 9 Mei 2019.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya rapat ini adalah untuk melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Provinsi Sumatera Utara Pemilu Tahun 2019 yang tediri dari rekapitulasi penghitungan suara pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden RI, calon DPR RI, calon anggota DPD RI Daerah Pemilihan Prov. Sumatera Utara, dan DPRD Prov. Sumatera Utara berdasarkan hasil rekapitulasi, hasil penghitungan suara perolehan suara tingkat kabupaten/kota yang telah dilakukan oleh KPU kabupaten/kota se Sumatera Utara.

Rapat pleno terbuka ini dihadiri oleh KPU Prov. Sumut, KPU kabupaten/kota se Sumatera Utara, Bawaslu Prov. Sumut, saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden RI, saksi calon DPD RI Daerah Pemilihan Prov. Sumatera Utara, dan saksi partai politik, yang mewakili unsur FKPD Sumut, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemantau pemilu, media cetak, dan media elektronik.

Pada kesempatan ini, Ketua KPU Sumut Yulhasni mengucapkan belasungkawanya terhadap para pahlawan demokrasi yang gugur dalam menjalankan tugasnya. Adapun jumlah petugas KPPS, PPS, dan PPK Sumut yang meninggal dunia sampai dengan saat ini adalah 12 orang.

“Puncak pesta demokrasi pada tanggal 17 April 2019 yang lalu meski terdapat beberapa persoalan, berkat kerjasama semua pihak, masyarakat Sumut beramai-ramai datang ke TPS. Sebagai sebuah pesta demokrasi, tentu saja Pemilu di Sumut tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan ketidaksempurnaan. Hal tersebut menjadi tanggung jawab penuh KPU Prov. Sumut”, ungkap Yulhasni dalam kata sambutannya.

Di beberapa daerah terjadi pemungutan dan penghitugan suara susulan/lanjutan dan ulang karena terlambatnya distribusi logistik dan beberapa temuan pelanggaran di tingkat TPS. Terhadap peristiwa itu, Yulhasni mewakili KPU Sumut memohon maaf kepada masyarakat Sumut.

“Kesuksesan penyelenggaraan Pemilu selalu dilihat dari partisipasi masyarakat. Jika kita merekam jejak partisipasi masyarakat pada Pemilu tahun 2014, tahun 2019 ini menjadi tonggak bersejarah bagi Sumatera Utara. Sebagaimana yang kita ketahui, Pada Pemilu tahun 2014 tingkat partisipasi hanya berkisar  69%, sedangkan pada tahun 2019 angka partisipasi mencapai 79.91%, angka ini melampaui target nasional sebesar 77,5% dan target KPU Sumut sebesar 70%”, lanjutnya.

Ada 15 kabupaten/kota yang sudah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suaranya dan akan diumumkan hasilnya pada rapat pleno terbuka ini. Kelompok kabupaten/kota di Sumatera Utara pada rapat pleno terbuka ini dibagi menjadi 2 panel :

1.    Panel  1 : Medan A, Medan B, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Asahan, Tanjung Balai, Batubara, Simalungun, Pematang Siantar, Karo, Dairi, Pakpak Barat, Langkat, Binjai.

2.  Panel 2 : Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Padang Sidempuan, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Gunung Sitoli, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Sibolga.

Turut hadir pada rapat pleno terbuka tersebut Kapolda Sumut Irjen Pol. Agus Andrianto, Kasdam I/BB Brigjend TNI Hasanuddin. (mr)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung