Dinas Pertanian Tapsel - Koramil 18/Pargarutan Laksanakan Serapan Gabah




Tapanuli Selatan (Mimbar) - Dinas Pertanian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan melaksanakan serapan gabah petani (Sergap) di wilayah kecamatan Angkola Timur, demi  mendukung ketahanan pangan secara nasional.

Kepala Dinas Pertanian Tapanuli Selatan Bismark Muaratua Siregar melalui Kasi  Metode dan  Informasi Yenni Lubis, di Sipirok, Kamis, mengatakan, Sergap dilaksanakan bekerjasama dengan pihak Koramil 18/Pargarutan Kodim 0212/TS (Tapanuli Selatan).

Menurut Yenni dan Komandan Koramil 18/PGR Kapten Inf Sudirman Pakpahan mengatakan,  kegiatan Sergap dilaksanakan secara bertahap untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

"Sergap kali ini menyalurkan beras dari Gapoktan Sepakat, Kecamatan Angkola Timur sebanyak empat ton," kata Yenni.

"Ini salah satu langkah pemerintah dalam pemenuhan stok beras nasional," timpal Danramil Sudirman Pakpahan.  

Yenni dan Sudirman sepakat menghimbau kepada petani khususnya di wilayah teritorial Komaril 18/PGR Kodim 0212/TS untuk menjual sebagian hasil panennya ke Bulog dalam memenuhi stok beras Bulog.

"Harga pembelian bulog sesuai dengan Permentan nomor 21 tahun 2015," kata Yenni, seraya menambahkan target sub divre Bulog Padangsidimpuan sebesar 5.031 hektare dan realisasi di Tapanuli Selatan seluas 10 hektare  dengan 3 kali pelaksanaan Sergap. Dari pelaksanaan ini nantinya tercapai target yang diharapkan dan masyarakat petani dapat termotivasi. Ada tiga sektor utama yang dapat dicapai dalam program ini, jelas masyarakat petani di sana. Pertama terpenuhi stok beras secara nasional, harga menguntungkan petani dan masyarakat petani terhindar dari jerat tengkulak.

Hadir juga dalam kegiatan Sergap ini Kepala Sub Divre Bulog Padangsidimpuan Rifmad Pinayungan Hasibuan dan kepala gudang Bulog Apriyanto. (011/zal).

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung